Usai Revitalisasi, Kawasan Religi Banten Lama Tingkatkan Pengunjung dan Adakan Pameran Artefak Rasulullah

- 17 Februari 2020, 13:39 WIB
Warga melihat artefak berupa terompah di area Pameran Artefak Rasulullah SAW dan para Sahabat Nabi di Museum Situs Kepurbakalaan Banten, di Serang, Senin (17/2/2020). Pameran yang menampilkan sejumlah benda peninggalan Nabi Muhammad SAW itu akan berlangsung hingga tanggal 19 Februari 2020.* //ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

PIKIRAN RAKYAT - Kawasan Wisata Religi Banten Lama mulai tertata rapi sejak dilakukan revitalisasi oleh Pemerintah Provinsi Banten guna menambah kunjungan wisatawan dalam dua tahun terakhir.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengaku, telah menghabiskan anggaran sebesar Rp 200 miliar untuk penataan wisatawan religi yang menjadi pusat sejarah Banten.

Ia juga menyatakan, pasca revitasilasi jumlah pengunjung meningkat secara signifikan, hingga mencapai sembilan juta pengunjung per tahun atau naik dua kali lipat dari tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga: Bukan Lagi Menghitung Domba, Teknik Pernafasan ala Jepang 'Moon Breathing' Janjikan Tidur Malam Berkualitas

Dikutip PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari kantor berita Antara, Wahidin Halim menyampaikan harapanya, bahwa keberhasilan penataan dan pembenahan kawasan wisata di Banten dapat menambah sisi positif bagi pengembangan geliat ekonomi masyarakat sekitar.

Menurutnya, Kawasan Wisata Religi Banten Lama kini sedang mengadakan Pameran Artefak Rasulullah yang dapat menarik perhatian kunjungan wisatawan berlebih.

loading...

"Dengan Artefak Rasulullah ini, saya ingin menjadikan sebagai ikon pusat pengembangan wisata budaya islam. Karena dulu artefak ini memang terkenal dan saya ingin mengembalikan kejayaan itu," kata Wahidin dalam sambutanya di acara Jelajah Nusantara Pameran Artefak Rasulullah SAW dan Para Sahabat Nabi RA.

Baca Juga: Perumahan Baru Bersubsidi Diubah jadi Pusat Karantina Virus Corona, Ratusan Warga Hong Kong Lakukan Unjuk Rasa

Sementara itu, antusiasme para pengunjung untuk menyaksikan artefkan tersebut sangat terasa sejak pameran dibuka.

Artefak Rasulullah dan para Nabi lain didatangkan dari Galeri Warisan Museum Artefak Indonesia dengan bekerjasama dengan Lembaga Perekonmian Nadhatul Ulama (LPNU).

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X