Sabtu, 29 Februari 2020

Sebelum Dipulangkan ke Daerah Masing-masing, 238 WNI akan Diajak Keliling Pulau Natuna

- 14 Februari 2020, 20:59 WIB
238 WNI akan dipulangkan dari Natuna ke daerah masing-masing.* /Twitter @KemenkesRI

PIKIRAN RAKYAT - Kementerian Kesehatan melaui akun Twitter resminya menyatakan pada Sabtu, 15 Februari 2020 pukul 12.00 WIB mendatang adalah masa berakhirnya observasi 238 WNI di Natuna.

Di rencanakan, seluruh WNI Wuhan dan tim pendukung akan langsung diterbangkan ke Halim Perdanakusuma menggunakan 2 Boeing dan 1 Hercules.

Keadaan ini masih sama seperti saat penjemputan mereka dari Batam ke Natuna.

Baca Juga: Kendalikan Diri dari Hal-hal yang Tidak Penting, Berikut 4 Tips Menjadi Produktif

Sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing pada Sabtu mendatang, 238 WNI yang telah melakukan observasi selama 14 hari itu akan dilakukan pemeriksaan akhir guna memastikan status kesehatan mereka sebelum dipulangkan ke daerahnya masing-masing.

"Pada Sabtu pagi akan dilakukan pengecekan kesehatan terakhir, kemudian penyiapan mereka kembali ke Jakarta," tulis Kementerian Kesehatan seperti yang dikutip PikiranRakyat-Tasikmalaya.com.

Kebijakan dari pelaksanaan observasi selama 14 hari tersebut diambil sesuai aturan protokol World Health Oganzation (WHO). Sebelum pulang ke Jakarta, mereka akan dilepas secara adat dari Kabupaten Natuna yakni Tepung Tawar.

Baca Juga: Hilangkan Stigma Gaya Hidup Hedonisme, Polwan Polres Tasikmalaya Bagikan 150 Nasi Bungkus Usai Shalat Jumat

"Tadi sudah koordinasi, termasuk dengan DPR juga, dalam kaitan dengan prosesi pulang dari sini. Selain itu akan ada kegiatan penghargaan terhadap saudara kita di Natuna dan akan direncanakan semacam tradisi adat khas mereka," kata Sekertariat Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto.

Selain prosesi adat, 238 WNI tersebut juga akan diajak berkeliling terlebih dulu, karena selama masa observasi berlangsung mereka belum melihat Pulau Natuna secara keseluruhan.

Sesampainya di Jakarta, para WNI dari Wuhan akan diserahkan ke Pemerintah Daerah masing-masing, para prajurit TNI ke Panglima TNI, dan crew Batik ke Lion Air.

Baca Juga: Usut Penyebar Video Mesum yang Rugikan Kliennya, Kuasa Hukum Gisella Anastasia: Pokoknya Wajahnya Seram

Seperti dilansir artikel PikiranRakyat-Tasikmalaya.com sebelumnya, beberapa pemerintah provinsi telah mempersiapkan rumah sakit yang akan dijadikan tempat penampungan awal sebelum para WNI dari Tiongkok tersebut bertemu dengan keluarganya.

Dalam acara pelepasan Sabtu mendatang, akan hadir beberapa pihak pemerintahan terkait yang secara langsung mengikuti prosesi pelepasan tersebut.

Diantaranya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia, Menteri Kebudayaan Muhadjir Effendy, dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Baca Juga: Viral Video Aksi Heroik Polantas Gendong Pria yang Terkena Serangan Jantung di Jakarta Barat

"Pada saat nanti kembali akan hadir adalah Menko PMK, Menkes, Beliau-beliau akan berangkat dari Jakarta paginya bersama pesawat yang akan membawa mereka pulang," kata Achmad Yurianto.***


Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Twitter

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

X