Sering Dianggap Mampu Cegah Penyakit, Masker Tak Begitu Efektif Terhadap Virus?

- 23 Januari 2020, 20:02 WIB
Seseorang yang menggunakan masker bedah.*

PIKIRAN RAKYAT - Menggunakan masker bisa mencegah infeksi dari berbagai virus serta bakteri yang yang bertebaran di udara.

Apalagi saat ini sedang ramai berita tentang munculnya virus baru dari Tiongkok yang menyebabkan korban sakit hingga tewas.

Di wilayah tersebut, masker digunakan untuk menjaga mereka dari virus yang menyebar serta digunakan untuk melindungi dari tingkat polusi yang tinggi.

Baca Juga: Mengenal Peraturan Pemerintah tentang Penyelenggaraan Kawasan Ekonomi Khusus

Dikutip oleh Pikiran-Rakyat.com dari laman BBC News, beberapa penjelasan terkait manfaat masker untuk mencegah tubuh terserang virus sejenis influenza dan virus lainnya.

David Carrington dari St George's Universitas of London memang mengatakan bahwa masker ini tidak bisa menjadi perlindungan yang efektif terhadap virus atau bakteri yang dibawa di udara.

Hal ini dikarenakan masker terlalu longgar dan tidak memiliki saringan udara dan tidak bisa melindungi mata juga.

"Masker bedah rutin untuk publik bukan perlindungan yang efektif terhadap virus atau bakteri yang dibawa di udara," ujarnya.

Namun meski begitu, masker dapat membantu menurunkan risiko tertular virus melalui percikan bersin atau batuk dan memberikan perlindungan terhadap transmisi tangan ke mulut.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurlatifah

Sumber: BBC News

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X