Dikenal Taat Protokol Kesehatan, Istri, Menantu, dan Cucu Wali Kota Balikpapan Positif Covid-19

- 23 Februari 2021, 09:35 WIB
Istri, menantu, dan dua cucu Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dikonfirmasi positif Covid-19, meski dikenal taat protokol kesehatan. /Situs Resmi Pemerintah Kota Balikpapan/Pael/ Satgas Covid
PR TASIKMALAYA - Keluarga Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, yaitu istri, menantu, beserta dua orang cucu, dinyatakan positif Covid-19.
 
Saat ini, istri Wali Kota Balikpapan, Ny Arita Rizal Effendi beserta dua orang cucu mereka yang berusia 5 dan 6 tahun dalam masa perawatan di RS Pertamina, Balikpapan.
 
“Tidak tahu juga dari mana terpaparnya,” kata Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi pada Senin, 22 Februari 2021 dikutip PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari Antara.
 
 
Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan dr Andi Sri Juliarty mengungkapkan, berdasarkan dari hasil tracing, Ny Arita kemungkinan besar terpapar dari cucunya. 
 
Arita diketahuu turut menjaga serta bermain bersama dengan cucu-cucunya.  Kedua cucu Arita juga diduga telah terpapar dari ibu mereka atau menantu dari Rizal-Arita.
 
Setelah istri dan cucunya dinyatakan positif Covid-19, Wali Kota Rizal langsung melakukan rapid test antigen sampai swab dan hasilnya negatif serta kondisi kesehatannya baik dan sehat walafiat. 
 
 
“Sejak awal Covid-19 mulai masuk Balikpapan dulu, Wali Kota kita tes rapid setiap 2 hari sekali. Bila mana perlu juga swab. Hasilnya selalu negatif,” kata dr Juliarty.
 
Hasil negatif juga diterima Rizal ketika akan melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo baru-baru ini dan dirinya harus menjalani dua kali tes swab.
 
Wali Kota Balikpapan Rizal dikenal sebagai orang yang sangat taat dan disiplin terhadap protokol kesehatan.
 
 
Rizal selalu mencuci tangan terutama dengan menggunakan hand sanitizer apabila dijumpai dalam beberapa kegiatan dan jurnalis lazim melihat kebiasaan Rizal tersebut.
 
Bahkan dalam beberapa kesempatan lain, Rizal bahkan sempat mengenakan sarung tangan karet. 
 
Rizal baru akan mencopot maskernya sesaat sebelum dirinya akan berbicara di depan mikrofon.
 
 
Rizal Effendi juga dikenal sebagai sosok yang humoris yang dapat disaksikan oleh para jurnalis sehari-hari. 
 
Sikap Walikota Rizal kadang suka bercanda dan berolok-olok.
 
Ketika melakukan peliputan di depan Jurnalis ketika di Balai Kota, hampir dalam setiap kesempatan Rizal selalu memaparkan terkait penanganan harian Covid-19.
 
 
Ketika menyampaikan pesannya didepan jurnalis, Wali Kota selalu memulai dengan bercerita mengenai kisah-kisah lucu ala stand up comedy yang membuat hadirin dan dirinya sendiri tertawa.
 
“Artinya Pak Wali Kota mengelola stress dengan sangat baik. Kemudian tertawa itu merangsang tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang meredakan stress dan menguatkan imun tubuh,” jelas dr Juliarty.
 
"Beliau juga tidak lupa selalu mendoakan kesehatan hadirin dan warga kota, yang kita semua aminkan. Kita percaya doa yang baik akan selalu kembali kepada yang mendoakan," ujarnya.***

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X