KPU Minta Tambahan 5 Miliar, Tahapan Pilkada Bupati Tasikmalaya Dilanjut

- 29 Mei 2020, 13:02 WIB
KPU Kabupaten Tasikmakaya menggelar rapat pimpinan guna membahas tahapan pilkada yang akan dilanjutkan dan teknis penyelenggaraan ditengah wabah Covid-19 sesuai protokol kesehatan.* /Aris MF/KP

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah pusat akhirnya memutuskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan digelar serentak pada 9 Desember 2020. Sementara untuk tahapannya yang sempat terhenti akibat pandemi Covid-19, kini bakal dilanjutkan kembali pada 15 Juni 2020.

Hal itu sesuai hasil rapat dengar pendapat KPU RI bersama Komisi II DPR RI dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dan Bawaslu RI.

Di Kabupaten Tasikmalaya, yang juga direncanakan bakal menggelar Pilkada Bupati-Wakil Bupati pada tahun ini mulai mempersiapkan diri. Termasuk KPU sebagai penyelenggara pemilu mulai menggelar rapat pimpinan guna membahas tahapan pilkada yang akan dilanjutkan dan teknis penyelenggaraan di tengah wabah Covid-19 sesuai protokol kesehatan.

Baca Juga: Cek Fakta: Benarkah Logo Palu Arit PKI Beredar Bebas dalam Mal di Palembang? Simak Faktanya

Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Jajang Jamaludin mengatakan, selain menentukan waktu dimulainya kembali tahapan dan hari pemungutan suara Pilkada, dalam rapat dengar pendapat yang digelar pusat itu, juga muncul ajuan penambahan anggaran tambahan pilkada serentak di tengah dampak Covid-19.

"Karena jelas dalam pelaksanaannya nanti dilanjutkannya tahapan pilkada akan banyak keluar anggaran tambahan dengan protokol kesehatan yang harus dilaksanakan di tengah wabah Covid-19 ini," ujar Jajang, Jumat, 29 Mei 2020.

Dikatakan dia, adapun anggaran yang sudah dialokasikan dari dana hibah Pemda Kabupaten Tasikmalaya bagi KPU masih terbilang belum mencukupi. Jika dihitung-hitung dalam rapat pimpinan KPU ini, kebutuhan penambahan anggaran kurang lebih Rp 5 miliar.

Baca Juga: Terlacak di Bali, Polisi Masih Kejar Satu Pelaku Penyebar Video Asusila Mirip Syahrini

"Sementara anggaran dari dana hibah pemerintah daerah, kita dapat Rp 57,5 miliar ditambah penambahan Rp 5 miliar ini sekitar Rp 62,5 miliar," terang dia.

Halaman:

Editor: Suci Nurzannah Efendi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X