Tingkat Kesadaran Warga Masih Rendah, Polisi Lakukan Razia Pengendara Tak Gunakan Masker

- 9 April 2020, 13:25 WIB
Warga yang kedapatan tidak menggunakan masker saat berkendara di berhentikan polisi kemudian diberi pemahaman dan diberikan masker, Kamis (9/4/2020).* /KP/ ASEP MS

PIKIRAN RAKYAT - Kesadaran masyarakat untuk menggunakan Alat Perlindungam Diri (APD) khususnya masker di Kota Tasikmalaya masih rendah.

Hal itu terlihat dengan masih banyak didapatinya masyarakat, khususnya pengguna kendaraan baik roda dua maupun empat yang tidak menggunakan masker saat melintas diberbagai ruas jalan di Kota Tasikmalaya.

Padahal, Pemerintah Kota Tasikmalaya sendiri sudah mewajibkan masyarakatnya untuk menggunakan masker guna mengantisipasi penyebaran virus corona di Kota Tasikmalaya.

Baca Juga: Tetapkan Lockdown Akibat Corona, Ratusan Monyet, Gajah, dan Merak Kuasai Jalanan India

Terkait itu, Satlantas Polres Tasikmalaya Kota melakukan razia orang tak bermasker di pusat-pusat keramaian masyarakat seperti depan Masjid Agung area batu andesit Taman Kota dan lain sebagainya, Kamis 9 April 2020 pagi.

Namun, razia itu tidak untuk menindak para pengguna jalan yang tak mematuhi aturan lalu lintas. Melainkan, setiap orang yang terlihat tidak menggunakan masker akan diberhentikan untuk kemudian diberi arahan dan dikasih masker.

Baca Juga: Glenn Fredly Meninggal Dunia karena Meningitis, Ketahui Penyebab dan Gejalanya

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Tasikmalaya Kota, AKP Ajat Sudrajat mengatakan, kegiatan itu dilakukan untuk mengingatkan masyarakat dalam menyikapi situasi pandemi corona yang terjadi saat ini. Karena itu, pihaknya berinisiatif memberi edukasi agar masyarakat sadar memakai masker.

"Jadi bentuknya seperti razia, tapi bukan untuk penegakan hukum. Namun kami hanya memberikan pelayanan sekedar edukasi untuk sama-sama memutus rantai Covid-19 dengan cara sadar untuk menggubakan masker," katanya, Kamis 9 April 2020.

Baca Juga: Intensitas Curah Hujan Cukup Tinggi, Akses Jalan Desa Puteran Tertutup Longsoran

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X