Pelaksanaan Pilkada Tasikmalaya Terancam Batal Digelar Tahun Ini

- 1 April 2020, 11:00 WIB
Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Jajang Jamaludin.* /KP/ ARIS MF

PIKIRAN RAKYAT - Rencana pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya yang diagendakan pada bulan September tahun ini, kini berada diambang kemungkingan bakal diundur. 

Hal itu sering munculnya wacana bakal ditundanya tahapan Pilkada serentak se-Indonesia di tahun 2020, yang merupakan hasil rapat kerja (rapat dengar pendapat) antara Komisi II DPR RI dengan Menteri Dalam Negeri, KPU RI, Bawaslu RI, dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu RI pada Senin 30 Maret 2020 lalu.

Baca Juga: Mudik dari Jakarta Gunakan Angkutan Umum, Satu Orang Warga Garut Positif Tertular Covid-19

Kabar ini cukup mengejutkan, padahal segala persiapan dan tahapan pilkada telah berjalan hampir setengahnya. Meski demikian, rencana penundaan tahapan Pilkada serentak ini dipandang sebagai jalan terbaik, ditengah pandemi Covid-19 yang menjangkit di seluruh pelosok tanah air.

KPU Kabupaten Tasikmalaya berencana akan mengeluarkan Surat Keputusan tentang Pembekuan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada 4 April mendatang.

Baca Juga: Masuk Klaster Penyebaran Covid-19 di Jawa Barat, 160 Anggota HIPMI Lakukan Rapid Test

Begitu pula Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya yang sudah terlebih dahulu menonaktifkan atau membekukan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) terhitung sejak Selasa 31 Maret 2020.

Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Jajang Jamaludin mengatakan, terkait rencana penundaan tahapan pilkada serentak, akibat dampak Covid-19, oleh pemerintah pusat, maka KPU Kabupaten Tasikmalaya hanya bisa mengikutinya.

"Apalagi kalau nanti sudah Perppu-nya. Maka sebagai amanat undang-undang, kita akan mengikutinya. Kita ikuti semua instruksi KPU RI dan pemerintah pusat," jelas Jajang.

Baca Juga: Mendikbud Nadiem Makarim Beri Motivasi Sineas untuk Tetap Kreatif dalam Garap Film

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X