Terkait Hasil Test Swab PDP Meninggal Dunia, Pemkab Tasikmalaya Dinilai Lamban Beri Kejelasan

- 30 Maret 2020, 19:50 WIB
lustrasi pemakaman jenazah pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19 dengan standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yakni membungkusnya menggunakan plastik.*

PIKIRAN RAKYAT - Masyarakat dan pemerintahan Desa Cibatuireng, Kecamatan Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya kini mulai resah dan was-was.

Hal itu karena hingga lima hari berselang, Pemkab Tasikmalaya belum juga mengeluarkan hasil pemeriksaan uji Swab Tenggorokan salah satu warganya yang masuk ke dalam status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal di RSUD SMC beberapa waktu lalu.

Bahkan, 11 orang anggota keluarga PDP yang telah meninggal tersebut, dinyatakan masuk ke dalam status Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Baca Juga: Sempat Ikut Musda se-Jabar di Karawang, 10 Anggota HIPMI Kabupaten Tasikmalaya Negatif Covid-19

Sehingga, bertambah berat beban mental dan psikis keluarga, maupun masyarakat Desa Cibatuireng yang khawatir wabah Covid-19 bakal menyebar di desa mereka.

"Jadi sampai saat ini, baik masyarakat maupun pemerintah Desa Cibatuireng masih menunggu kepastian dari tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya.

"Belum juga ada hasilnya, padahal pasien meninggal pada 24 Meret lalu," jelas Kepala Desa Cibatuireng, Kecamatan Karangnunggal, Jajang Syihabudin, Senin 30 Maret 2020.

Baca Juga: Bentuk Perhatian untuk Para Pemain Persib Bandung, Robert Tak Henti Ingatkan agar Tetap di Rumah

Jajang menuturkan, masyarakat dan pemerintah desa sudah resah dan cemas, mereka khawatir jika ternyata hasilnya satu warga PDP asal Desa Cibatuireng yang meninggal tersebut ternyata akibat positif Covid-19.

Pada akhirnya, pemerintah desa hanya bisa menghimbau masyarakat untuk tidak beraktivitas keluar rumah. Kondisi sosial disana juga kini kurang baik, sebab anggota keluarga PDP yang meninggal tersebut kini cenderung merasa dikucilkan oleh masyarakat lainnya.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X