Satu Pasien Positif Corona di Kota Tasikmalaya Meninggal Dunia, Jenazah Sempat Ditolak Dikremasi

- 29 Maret 2020, 15:00 WIB
Juru Bicara Crisis Centre Covid-19 yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Uus Supangat, membenarkan satu pasien positif covid-19 meninggal dunia.* /KP/ ASEP MS

PIKIRAN RAKYAT - Satu orang pasien positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya meninggal dunia saat mendapatkan perawatan di rumah sakit, Minggu 29 Maret 2020 sekitar pukul 01.30 WIB. Jenazah sempat ditolak saat hendak di keramasi.

Meninggalnya pasien positif corona di Kota Tasikmalaya dibenarkan oleh Juru Bicara Crisis Centre Covid-19 yang juga Kepala Dinas Kesehatan Uus Supangat, usai memghadiri rakor tertutup di Gedung Balaikota Tasikmalaya, Minggu 29 Maret 2020.

Baca Juga: Ikut Berdonasi untuk Lawan Pandemi Covid-19, Raffi Ahmad Jual Mobil Antiknya

"Ya benar ada itu satu pasien positif corona meninggal dunia tadi malam," ujarnya.

Saat ini, lanjut Uus, jenazah tersebut sedang dalam proses pemakaman walaupun memang sempat mendapatkan penolakan saat jenazah tersebut akan di keramasi. Namun, berdasarkan informasi terbaru, jenazah tersebut akhirnya dikuburkan.

"Ini perlu diluruskan ke masyarakat, bahwa pasien positif yang meninggal tidak harus ditolak karena sudah dalam keadaan seteril sejak dari rumah sakit. Sekali lagi, ketika ada jenazah Covid-19, warga tidak perlu panik. Jenazah sudah diurus dengan baik," tegasnya.

Baca Juga: Kian Marak Hoaks Tentang Corona, Kadiskominfo Kota Depok Imbau Warga Bijak Gunakan Media Sosial

Pasien yang meninggal tersebut merupakan pasien positif Covid-19 Cluster Lembang yang berdasarkan Rafid Diagnosis Tes (RDT) dinyatakan positif Covid-19.

Untuk itu, lanjut Uus, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, tim gugus tugas sudah melakukan tracking terhadap seratus orang yang pernah kontak dengan pasien yang meninggal, namun hasilnya semuanya dinyatakan negatif.

Baca Juga: Sempat Dapat Penolakan Warga, Jenazah PDP Covid-19 di Sulawesi Selatan Dimakamkan di TPU Lain

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X