Dampak Corona, Aturan Resepsi Pernikahan di Kabupaten Tasikmalaya Bakal Diperketat

- 25 Maret 2020, 20:59 WIB
Pengadministrasi Humas Kantor Kemenag Kabupaten Tasikmalaya, Fajri Adi Nugraha.* /KP/ ARIS MF

PIKIRAN RAKYAT - Penyebaran virus Corona atau Covid-19 berdampak bukan hanya pada kesehatan masyarakat, akan tetapi juga pada tatanan sosial masyarakat.

Banyak acara-acara sakral yang banyak dinantikan harus ditunda, seperti halnya acara resepsi pesta pernikahan yang banyak diinginkan oleh setiap pasangan pengantin seumur hidup sekali.

Sebab dalam anjuran atau himbauan dari Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI, salah satunya tidak berkumpul dan berkerumun dalam jumlah banyak, sebagai upaya mencegah penyebaran virus Corona.

Baca Juga: Transparansi Data Perkembangan Covid-19, Kadiskominfo Depok: Minimalkan Kesalahan Informasi

Banyak rencana pernikahan yang akhirnya harus ditunda karena dikhawatirkan bakal mengundang kerumunan masa.

Menurut Pengadministrasi Humas Kantor Kemenag Kabupaten Tasikmalaya, Fajri Adi Nugraha, dengan mewabahnya virus corona berdampak kepada acara pesta pernikahan di wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

loading...

Hal ini berdasar pada surat himbauan dari Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI terkait pencegahan penyebaran virus corona pada layanan nikah di Kantor Urusan Agama (KUA).

Baca Juga: Presiden Slovakia Gunakan Masker Senada dengan Warna Baju, Warganet Ramai Berikan Komentar

"Dimana isinya, akad nikah dilaksanakan di KUA dengan membatasi jumlah orang yang mengikuti prosesi akad nikah dalam satu ruangan tidak lebih 10 orang," jelas Fajri, Rabu 25 Maret 2020.

Kemudian, calon pengantin dan anggota keluarga yang mengikuti prosesi harus telah membasuh tangan dengan sabun atau hand sanitizer dan menggunakan masker.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X