Komunitas 'Sampah Cantik' Sulap Bantaran Sungai Ciloseh jadi Taman Bermain Warna-Warni

- 21 Februari 2020, 18:05 WIB
Komunitas 'Sampah Cantik' gotong royong membersihkan Sungai Ciloseh-Citanduy.* /KP/ ASEP MS

PIKIRAN RAKYAT - Komunitas 'Sampah Cantik' yang berasal dari sekelompok perempuan Kampung Sindangsari, Kelurahan Panyingkiran. Kecamatan Indihiang. Kota Tasikmalaya, berhasil merubah kawasan Sungai Ciloseh yang tadinya kumuh menjadi taman bermain warna-warni.

Sungai Ciloseh merupakan anak Sungai Citanduy yang membentang melewati beberapa kecamatan kawasan tengah perkotaan Tasikmalaya.

Bantaran sungai yang dulunya kumuh, kini disulap menjadi taman bermain dan tempat duduk dengan warna perpaduan kuning dan biru untuk menarik perhatian masyarakat.

Baca Juga: Bikin Bangga Indonesia, Menpora Gelontorkan Rp 360 Juta untuk Atlet Angkat Besi di Kejuaraan Junior dan Remaja Asia 2020

Bantaran baru tersebut bisa juga dibuat untuk kongkow warga di sekitar gang sempit yang padat pemukiman penduduk itu.

Beberapa penerangan hias pun tampak terlihat di taman yang dulunya merupakan bantaran sungai yang kumuh dan dipenuhi sampah rumah tangga.

Setiap hari Jumat, warga sekitar bantaran Sungai Ciloseh terlihat kompak bergotong royong membersihkan lingkungannya tersebut.

Baca Juga: Sambut Hari Aktivitas Fisik Sedunia 2020, Kemenkes Adakan Virtual Run Challenge, Simak Syarat dan Ketentuannya

Sebelumnya kawasan sungai ini selalu dipenuhi sampah rumah tangga dan terlihat jorok dan kumuh, namun melalui kreativitas komunitas sampah cantik saat ini lebih terlihat tertata dengan rapih. Hal itu juga karena tingkat kesadaran kebersihan warga sekitar meningkat, manakala bantaran sungai sudah menjadi taman.

"Setelah ditata seperti ini warga yang mau buang sampah sembarangan jadi malu. Mereka justru sekarang kompak menjaga kebersihan bantaran sungai sebagai lingkungannya," jelas Kepala Seksi Pemerintahan dan Ketertiban Kelurahan Panyingkiran, Solihin saat gotong royong bersama komunitas 'Sampah Cantik' pada Jumat, 21 Februari 2020.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X