Gempa Bumi Berkekuatan 4,9 Magnitudo Guncang Kabupaten Tasikmalaya, Tidak Berpotensi Tsunami

- 21 Februari 2020, 09:05 WIB
GEMPA Tasikmalaya.*

PIKIRAN RAKYAT - Gempa bumi tektonik kembali mengguncang wilayah Kabupaten Tasikmalaya dan sekitarnya pada Jumat, 21 Februari 2020 pukul 07.57 WIB.

Gempa bumi ini merupakan yang pertama kalinya terjadi di Bulan Februari 2020 setelah sebelumnya terjadi pada 9 Januari 2020 dengan magnitudo 4,8.

Menurut informasi dari BMKG yang diterima Pikiran-Rakyat.com, gempa bumi kali ini memiliki kekuatan magnitude sebesar 4.9 dengan pusat gempa terletak pada koordinat 8.17 LS – 107.50 BT.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Tasikmalaya, Jumat 21 Februari 2020: Bungursari dan Bojonggambir Diguyur Hujan Seharian

Lokasi tersebut tepatnya berada di laut pada jarak 112 km dari Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya dengan kedalaman 11 Kilometer.

loading...

Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal.

Peristiwa gempa tersebut terjadi akibat aktivitas zona subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah lempeng Eurasia.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Garut, Tasikmalaya dan Pangandaran.

Di wilayah-wilayah tersebut, skala intensitas yang terjadi berada pada skala II-III MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda bergantung bergoyang).

Halaman:

Editor: Rahmi Nurlatifah

Sumber: BMKG

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X