11 Pasien Sembuh di Jabar, Keterbukaan Mudahkan Pemprov Petakan Penyebaran Wabah Covid-19

- 3 April 2020, 16:29 WIB
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) bersama Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) terkait antisipasi mudik melalui video conference di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (2/4/20). //HUMAS PEMPROV JABAR

PIKIRAN RAKYAT - Dokter sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 Jawa Barat berhasil membantu 11 pasien warga Jabar sembuh dari SARS-CoV-2 selama kurun waktu satu bulan terakhir.

Adapun di Jawa Barat, terdapat sembilan rumah sakit Lini 1 yang menjadi rujukan Covid-19, di antaranya RSU Dr Hasan Sadikin Bandung, RSTP Dr. Rotinsulu Bandung, RS Tk. II Dustira Cimahi, RSU Dr Slamet Garut, RSU Gunung Djati Cirebon, RSU R Syamsudin Sukabumi, RSUD Indramayu, RSUD Subang, dan RSUD dr Chasbullah Abdulmadjid Bekasi.

Baca Juga: 4 Strategi untuk Ubah Krisis Virus Corona jadi Peluang, Nomor Dua Tak Banyak Disadari

Rumah sakit Lini 1 ini didukung oleh 26 rumah sakit Lini 2 yangterdiri dari 21 RSUD kabupaten/kota dan lima RSUD UPTD Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat.

Sejak Presiden Joko Widodo mengumumkan pasien positif pertama corona di Indonesia pada 2 Maret 2020 lalu, jumlah orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), terkonfirmasi positif, terus bertambah di Jawa Barat.

Baca Juga: Kantongi Anggaran 1 Miliar untuk Cegah Corona, Gugus Tugas Tingkat RW Dibentuk Wali Kota

Namun rupanya, tidak melulu soal pertambahan positif, tetapi kini 11 pasien positif berhasil sembuh dalam satu bulan terakhir. Ini yang harus dijadikan berita baik untuk dapat menjadi inspirasi banyak orang.

Berdasarkan data dari Pikobar hingga Kamis pukul 13.00 WIB, total pasien sembuh di Indonesia mencapai 103 orang. Sedangkan, angka yang sembuh 11 orang di Jabar atau mencapai 10,6 persen dari angka nasional.

Sejauh ini pun, jumlah ODP yang selesai dipantau dan PDP yang diawasi di Jabar menunjukkan angka menggembirakan.

Baca Juga: Di-PHK karena Imbas Wabah Covid-19? Cek Disini untuk Pendataan dan Pelaporan!

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Situs Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X