Kumpulkan Kepala Daerah yang Terdampak Banjir, Pemprov Buat SOP Penanganan Tanggap Darurat Banjir di Jawa Barat

- 27 Februari 2020, 17:23 WIB
USAI videoconference terkait bencana banjir dengan Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Command Center Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu 26 Februari 2020.

 

PIKIRAN RAKYAT – Bencana banjir yang sedang terjadi di beberapa titik wilayah Jawa Barat, menyita banyak perhatian publik khususnya pihak pemerintah.

Bentuk perhatian Pemerintah Provinsi Jawa Barat berupa pembuatan Standar Operasional Prosedur (SOP) mengenai tanggap darurat bencana banjir di wilayahnya.

SOP tersebut meliputi bagaimana peninjauan di lapangan, pelaporan warga terdampak, hingga bagaimana posisi kesiapsiagaan Jabar.

Baca Juga: Berada di Urutan Kedua dalam Tingkat Kepopularitasan, Ridwan Kamil Angkat Suara

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan, mengatakan perumusan SOP tersebut akan dilakukan dengan mengundang semua kepala daerah yang terdampak banjir.

Dengan program masing-masing kabupaten/kota dalam penyelesaian banjir, SOP ini dinilai akan mempercepat sinergi penanggulangan banjir.

Dikutip PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari situs resmi Humas Jabar, SOP dihadirkan untuk mempermudah dalam penanganan tanggap darurat bencana banjir di Jabar.

“Memang yang terpenting adalah nanti setelah kita selesai di dalam (SOP) tanggap darurat ini, pastinya harus kita lakukan lagi bagaimana planning untuk jangka panjangnya dalam menyelesaikan masalah banjir ini,” kata Setiawan usai melakukan videoconference terkait bencana banjir dengan Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Command Center Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu 26 Februari 2020.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurlatifah

Sumber: Pemprov Jabar

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X