Kepala Desa sebagai Representatif Masyarakat, Uu Ruzhanul: Diharap Bisa Ubah Paradigma Masyarakat

- 25 Februari 2020, 10:03 WIB
Uu Pada Acara Diklat Pengembangan Kompetensi Tata Kelola Pemerintahan Desa Tahun 2020.*

PIKIRAN RAKYAT - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, tugas sebagai kepala desa selain membangun yang sifatnya fisik, juga memiliki tanggung jawab membangun masyarakat dengan mengubah paradigma dan pola pikir menuju lebih baik.

Dikutip PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari situs Humas Jabar, kualitas kepemimpinan kepala desa harus selalu ditingkatkan untuk mengayomi masyarakat.

“Oleh karena itu, harapan kami, kepala desa dengan lidahnya, kewenangannya, anggarannya, dan juga dengan pengetahuannya, tolong ubah paradigma masyarakat,” ujar Kang Uu saat membuka Diklat Pengembangan Kompetensi Tata Kelola Pemerintahan Desa Tahun 2020 di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jabar, Kota Cimahi, Senin 24 Februari 2020.

Baca Juga: Patut Diwaspadai, BMKG Rilis Pernyataan Cuaca Buruk Di Puncak Bogor hingga Akhir Februari

Kang Uu mengatakan yang harus diubah salah satunya adalah menanamkan rasa peduli terhadap lingkungan karena saat ini masih banyak orang membuang sampah sembarangan yang menjadi salah satu penyebab banjir.

“Kemudian juga yang perlu ditekankan oleh para kepala desa adalah penekanan terhadap moral dan akhlak,” kata Kang Uu.

Selanjutnya, Kang Uu juga meminta para kepala desa untuk menjaga keamanan sehingga masyarakat merasa nyaman dan aman.

“Desa itu harus aman harus tenang,” tambahnya.

Kemudian terkait maraknya kasus korupsi di berbagai daerah, Kang Uu mengingatkan agar mereka tidak melakukan tindak korupsi, tidak terlibat pada lingkaran narkoba, serta membangun rumah tangga yang sakinah mawaddah warrahmah sehingga berpengaruh pada pola kepemimpinan. 

Halaman:

Editor: Rahmi Nurlatifah

Sumber: Pemprov Jabar

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X