Hari Gizi Nasional 2020, 'Si Cinta' Atalia Ridwan Kamil Paparkan Tiga Program Penanggulangan Stunting

- 28 Januari 2020, 12:46 WIB
Atalia Praratya Ridwan Kamil /Dok. Humas Pemprov Jabar

PIKIRAN RAKYATStunting merupakan masalah gizi yang kronis dimana kondisi anak lebih pendek dibanding anak seusianya. Hal ini merupakan masalah serius karena beberapa orangtua belum mengetahui terkait kasus stunting.

Kebanyakan orangtua menganggap bahwa stunting merupakan masalah terkait genetik, padahal penyebab stunting karena kurangnya asupan gizi pada anak dalam 1000 hari pertama lahir.

Tak hanya itu, penyebab stunting lain disebabkan oleh pemberian MPASI yang kurang dalam mencukupi asupan nutrisi. Sehingga Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebut bahwa Indonesia berada di urutan ke lima jumlah anak berpostur pendek.

Baca Juga: Mayat Siswi di Gorong-gorong Tasikmalaya Ditemukan karena Selokan Tersendat

Tak hanya di Indonesia, bahkan diperkirakan ada 178 juta anak di dunia yang di bawah usia lima tahun pertumbuhanya terhambat karena stunting.

Kasus stunting cukup menyita perhatian masyarakat, salah satunya beberapa mahasiswa di kampus kenamaan menjadikan stunting menjadi bahan penelitian skripsi.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari situs resmi Humas Jawa Barat, Bunda PAUD Atalia Ridwan Kamil mempromosikan tiga program anti stunting  saat acara Festival Anak Ceria dan Talkshow pada Senin, 27 Januari 2020 kemarin.

Baca Juga: Resmi Diperpanjang, Simak Perjalanan Karier Supardi Nasir hingga Jadi Pemain Persib Bandung 2020

Ketiga program untuk menanggulangi stunting atau kecebolan pada anak  yakni Ojek Makanan Balita (Omaba), Siaran Keliling (Sarling), dan Kekasih Juara (Koseling Silih Asih Juara).

“Program cegah stunting ini sudah dicanangkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat sejak 2018 lalu. Kami bekerja sama dan berkolaborasi dengan stakeholder yang juga bekerja keras saat ini,” ujar Atalia seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com dari situs resmi Humas Jabar.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Humas Jawa Barat, Dinas Kesehatan Bandung


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X