Lakukan Uji Coba Acak, Pekerja Kesehatan Inggris Mulai Uji Coba Hydroxychloroquine

- 22 Mei 2020, 15:05 WIB
OBAT Hydroxychloroquine.* ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Para pekerja kesehatan Inggris mulai mengambil bagian dalam uji coba internasional untuk membuktikan apakah obat malaria chloroquine dan hydroxychloroquine berfungsi mencegah Covid-19.

Penelitian bernama COPCOV itu akan melibatkan lebih dari 40.000 tenaga medis yang bertugas di garda depan penanganan wabah yang berkontak dekat dengan pasien Covid-19, di Eropa, Afrika, Asia, dan Amerika Selatan.

Dikutip PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari Reuters, uji coba yang dipimpin Universitas Oxford itu dilakukan dengan bantuan dari Unit Penelitian Obat-obatan Tropis Mahidol Oxford (MORU) di Bangkok.

Baca Juga: Lomba Desain Poster Nasional BEM Umtas Tarik Animo Tinggi Para Peserta, Juara 1 Berbagi Cerita

Penelitian ini nantinya akan terbuka bagi peserta dari Inggris mulai Kamis dan dijalankan beberapa rumah sakit di Brighton dan Oxford.

“Kami sungguh tidak tahu apakah chloroquine atau hydroxychloroquine bisa bermanfaat atau justru berbahaya untuk melawan Covid-19,” kata Profesor Nicholas White dari Universitas Oxford, salah satu ketua tim penelitian.

Ia kemudian menambahkan bahwa cara terbaik mengetahui apakah obat itu efektif mencegah Covid-19 adalah dengan melakukan uji coba secara acak.

Baca Juga: Tak Kuat Jajal Jalur Menanjak, Sebuah Mobil Nyemplung ke Lahan Pesawahan

Nick Cammack, pemimpin percepatan pengobatan Covid-19 di Wellcome Trust menyatakan hal serupa.

Halaman:

Editor: Suci Nurzannah Efendi

Sumber: Reuters


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X