Para Dokter Semakin Dibuat Bingung, Gejala Langka Baru Terus Muncul pada Pasien Virus Corona

- 22 Mei 2020, 03:25 WIB
ILUSTRASI pandemi global virus corona (Covid-19).* - Foto: Pixabay/ TheDigitalArtist

PIKIRAN RAKYAT - Dokter di New York melaporkan serangkaian gejala langka pada pasien virus corona.

Sebuah kasus membingungkan para dokter sehingga mereka tak dapat mengonfirmasi bahwa seorang pria yang terjangkit virus corona hingga tepat sebelum ia keluar rumah sakit.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis The Lancet pada Senin 18 Mei 2020, para dokter mengatakan pemindaian paru-paru pasien menunjukkan invasi jamur.

Baca Juga: Cek Fakta: Benarkah BKN Rilis Surat Pengangkatan Pegawai Honorer yang Mengabdi Lama? Simak Faktanya

Tes menunjukkan tak ada tanda-tanda virus corona di saluran pernapasan bagian atas dan pasien memiliki respon kekebalan yang disebut sitokin, hanya dalam beberapa jam dari awal penyakit.

"Untuk penyakit yang tidak diketahui hanya lima bulan yang lalu, mungkin terlalu dini bagi dokter untuk memastikan manifestasi mana yang khas," ujar tim yang dipimpin oleh Timothy Harkin dari divisi paru Rumah Sakit Mount Sinai.

Pasien adalah seorang ahli anestesi pria berusia 34 tahun dengan kesehatan yang baik. Dia awalnya dinyatakan positif influenza A dan gejala-gejalanya hilang setelah perawatan rutin.

Setelah lebih dari 10 hari istirahat, pasien kembali bekerja di pusat medis di kota dan tiba-tiba jatuh sakit sore itu dan dirawat di unit gawat darurat di Rumah Sakit Mount Sinai.

Baca Juga: Psikolog Ungkap Pemikiran Negatif Selama Pandemi Virus Corona Bisa Akibatkan Depresi

Gejala-gejalanya termasuk demam, kedinginan dan sesak napas. Pasien juga mengalami abadai sitokin, kondisi yang mengancam jiwa di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehat.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurlatifah

Sumber: SCMP


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X