Diduga Terlalu Pro Tiongkok, Trump Ancam Potong Dana Covid-19 dari AS untuk WHO

- 8 April 2020, 13:20 WIB
Direktur Jenderal WHO, Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus.* Youtube/AFP News Agency

PIKIRAN RAKYAT- Terkait dengan semakin meningkatnya jumlah terinfeksi dan kematian akibat virus corona di Amerika Serikat, Presiden Donald Trump mengancam akan memotong dana yang digelontorkan AS untuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dilansir PikiranRakyat-Cirebon.com dari situs AFP, Trump menilai WHO terlalu condong ke Tiongkok dan tidak memerhatikan kondisi AS selama pandemi virus corona hingga akhirnya ia mengancam akan melakukan pemotongan dana, pada Rabu, 8 April 2020.

Sebagai pemegang kendali yang kuat atas pendanaan AS untuk WHO, Trump dengan tegas menyebut akan mulai menahan dana pada pekan ini guna penanganan virus corona.

Baca Juga: Peneliti Sebut Masker Bisa Tangkal Covid-19 yang Ditularkan Lewat Air Liur saat Berbicara

Tak hanya itu, Trump juga mengatakan kepada publik saat jumpa pers bahwa Amerika Serikat merupakan sumber utama pendanaan badan milik PBB itu.

"Kami akan menahan uang dihabiskan untuk WHO," ujar Trump dikutip dari AFP.

Namun, Trump tidak merincikan terkait berapa banyak uang yang akan dipotong untuk WHO, ia juga masih mempertimbangkan hal ini dengan melihat kinerja Badan Kesehatan Dunia ini kedepannya.

Baca Juga: Sempat Dinyatakan Positif, Hasil Swab Test Pelatih Timnas Indonesia Negatif Covid-19

"Saya tidak mengatakan saya akan melakukannya. Tapi kami akan melihat kemungkinan untuk mengakhiri pendanaan," ungkap Trump.

Sebelumnya, Trump menyampaikan kritik tajam terhadap WHO lewat akun Twitter pribadinya yang menuding lembaga itu terlalu fokus kepada Tiongkok dan mengeluarkan nasihat yang keliru selama wabah virus Covid-19.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: AFP, World Meter Coronavirus


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X