BERITA BAIK dari Tiongkok, Imuwan Temukan Antibodi Efektif untuk Tangani Covid-19

- 2 April 2020, 09:00 WIB
ILUSTRASI penelitian obat virus corona baru, Covid-19.*

PIKIRAN RAKYAT - Tim ilmuwan Tiongkok telah mengisolasi beberapa antibodi yang diklaim sangat efektif dalam memblokir kemampuan virus corona memasuki sel dalam tubuh.

Antibodi ini pada akhirnya dapat membantu dalam mengobati atau mencegah Covid-19. Diketahui saat ini, tidak ada pengobatan yang terbukti efektif untuk penyakit ini.

Dilansir Reuters, Zhang Linqi dari Universitas Tsinghua, Beijing mengungkap, efektivitas obat yang dibuat dengan pendekatan antibodi seperti yang ditemukan timnya, masuk dalam jenis pengobatan garis batas seperti plasma.

Baca Juga: Hubungan Cinta Terhalang Restu Orang Tua? Coba Beri Pemahaman Ini

Sebagaimana diketahui, plasma mengadung antibodi namun dibatasi oleh golongan darah.

Sementara itu, pada awal Januari lalu, tim Zhang dan sebuah kelompok di Rumah Sakit Rakyat ketiga yang berlokasi di Shenzen, mulai menganalisis antibodi dari darah yang diambil dari pasien pulih Covid-19.

Dengan mengisolasi 206 antibodi monoklonal dapat menunjukan gambaran antibodi kuat guna mengikat virus corona.

Baca Juga: Mengejutkan, Tiongkok Laporkan Lebih dari 1.000 Kasus Virus Corona Baru Tanpa Gejala

Tak hanya itu, mereka pun kemudian melakukan tes lain untuk melihat apakah antibodi itu benar-benar dapat mencegah virus memasuki sel atau tidak.

Zhang menyatakan, diantara 20 atau lebih antibodi pertama yang diuji, empat diantaranya mampu mengahalangi masuknya virus dan dua lainnya sangat bagus dalam menangkal virus seperti yang diinginkan sejumlah ilmuwan Covid-19.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Reuters


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X