Cek Fakta: Benarkah Uap Air Panas Dapat Membunuh Virus Corona?

- 1 April 2020, 08:30 WIB
UAP air panas.* /Turn Back Hoax

PIKIRAN RAKYAT - Klaim cara menangkal virus corona kian bermunculan di media sosial seiring dengan bertambahnya jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia.

Jumlah pasien positif virus corona di Indonesia semakin hari semakin bertambah, hal ini pun membuat masyarakat khawatir. Per 31 Maret 2020, sebanyak 1.528 kasus terkonfirmasi positif dengan 81 pasien sembuh.

Berkaitan dengan hal tersebut, baru-baru ini beredar sebuah informasi yang mengklaim bahwa menghirup uap air panas bisa membunuh Covid-19.

Baca Juga: Bapak Atletik Indonesia Wafat, Atlet Lompat Jauh Maria Londa Kehilangan Sosok Motivator

Kabar tersebut beredar di WhatsApp dan YouTube sejak 27 Maret 2020.

Informasi berbentuk narasi ini menyebar bersama sebuah video yang memperlihatkan langkah-langkah untuk mencegah penularan Corona dengan menghirup uap air panas.

Video yang diunggah oleh akun YouTube Oey Him Toan memperlihatkan seorang wanita membagikan tips menghirup uap air panas.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Tasikmalaya, 1 April 2020: Cineam dan Purbaratu Diguyur Hujan Ringan

Video tersebut juga diikuti dengan narasi yang menyebutkan bahwa uap air panas dapat membunuh 100 persen virus Corona yang terdapat di paru-paru, tekak atau hidup, dan cara tersebut telah disahkan oleh pakar-pakar di Tiongkok.

Halaman:

Editor: Suci Nurzannah Efendi

Sumber: AFP, Turn Back Hoax MAFINDO


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X