Corona Masuki Myanmar, Dokter Cemas Pemerintah Tak Bisa Tangani Wabah

- 24 Maret 2020, 17:43 WIB
Ilustrasi virus corona (covid-19). /PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT - Virus corona semakin mendunia, negara satu per satu melaporkan kasus pertamanya. Selasa 24 Maret 2020, Pemerintah Myanmar melaporkan kasus pertama penularan jenis baru virus corona yang ditemukan pada dua orang warganya.

Hal tersebut disampaikan langsung lewat sebuah pernyataan dari Kementerian Kesehatan dan Olahraga Myanmar (MOHS).

Diberitakan Myanmar Times dan Antara, kedua pengidap yang dinyatakan positif Covid-19 itu adalah warga negara Myanmar, satu berusia 36 tahun dan tiba dari Amerika Serikat sementara satu lainnya berusia 26 tahun dan belakangan ini berkunjung ke Inggris.

Baca Juga: Sosiolog Imbau Terapkan Larangan Mudik, Demi Cegah Penularan Covid-19

Pasien yang kembali dari Inggris, tiba di Yangon pada 22 Maret, dikarantina di Hlegu dan kemudian pindah ke Hmawbi, di mana ia dinyatakan positif. Dia telah dipindahkan ke bangsal isolasi khusus di Rumah Sakit Wabargyi.

Sementara, pengidap yang berusia 36 tahun itu tiba dari AS pada 13 Maret dan mengalami demam seminggu setelahnya. Dia sekarang ditempatkan di bawah isolasi di Rumah Sakit Umum kota Tedim di Negara Bagian Chin.

Dikatakan Kementerian Kesehatan, Hasil Laboratorium Kesehatan Nasional Myanmar yang dirilis pada 23 Maret 2020 pukul 11 malam itu akan dikirim ke laboratorium terakreditasi WHO di Thailand hari ini.  

Baca Juga: Update Covid-19 di Indonesia: Terdapat Penambahan 107 Kasus Positif

Kementerian Kesehatan mengatakan bahwa setiap orang yang melakukan kontak langsung dengan kedua pengidap ini akan segera diselidiki dan dipantau petugas terkait.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurlatifah

Sumber: Myanmar Times


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X