Cek Fakta: Tersiar Kabar Warga Tiongkok Berbondong ke Masjid di Tengah Wabah Virus Corona, Faktanya Berbeda

- 23 Maret 2020, 09:59 WIB
Mafindo.

PIKIRAN RAKYAT- Berbagai kebijakan pemerintah mulai diberlakukan guna mencegah penyebaran virus corona yang begitu masif, menyusul jumlah terinfeksi semakin hari semakin meningkat.

Namun belum lama ini, kebijakan pemerintah terkait pembatasan aktivitas berkumpul yang melibatkan orang banyak karena diyakini dapat menjadi media penyebaran virus corona seperti sholat jum'at, menghadiri pengajian umum dan majelis taklim, menuai pro dan kontra.

Kebijakan yang dikeluarkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui fatwa nomor 14 tahun 2020 ini, diduga sengaja dibuat guna menghambat aktivitas ibadah muslim dan membuat masjid sepi layaknya tak berpenghuni.    

Baca Juga: Liga 1 Dihentikan hingga Waktu yang Belum Ditentukan, PT LIB Kumpulkan Masukan dari Klub

Perlu diketahui, bahkan negara dengan mayoritas Islam, Arab Saudi telah lebih dulu menutup masjid.

loading...

"Biasanya azan menyerukan agar muslim sholat di masjid kini diubah dengan mengarahkan agar masyarakat sholat dirumah," seperti dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari laman Dawn.  

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Tasikmalaya, Senin 23 Maret 2020: Rajapolah dan Cipedes Hujan Ringan Sepanjang Malam

Berkenaan dengan hal itu, baru-baru ini beredar kabar menyebut di Wuhan, Tiongkok warga justru berbondong-bondong pergi ke mesjid untuk melaksanakan sholat di tengah wabah virus corona.

Kabar yang ditulis laman Facebook U Ali Hafid pada Kamis, 19 Maret 2020 mendapatkan 18 komentar dan 26 kali dibagikan, disajikan dengan narasi yang cukup provokatif dan kontroversial.

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Sumber: Mafindo

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X