Peringatkan Negara yang Tidak Alami Kasus Corona, Kepala WHO: Harus Selalu Bersiap

- 28 Februari 2020, 16:33 WIB
World Health Organization (WHO) Resmi memberi nama COVID-19 pada novel corona virus Twitter


PIKIRAN RAKYAT - Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus belum lama ini mengeluarkan pernyataan yang kontrovesial karena ia mengandaikan suatu negara yang belum terdeteksi virus corona sebagai negara yang dapat melakukan kesalahan fatal.

Pernyataan ini dikeluarkan Tedros dalam pertemuan WHO di Jenewa, Swiss pada Kamis, 27 Februari 2020.    

Dikutip Pikiranrakyat-Cirebon.com melalui situs Reuters bahwa Sekjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menganggap suatu negara yang belum memiliki kasus corona itu berarti belum dapat dikatakan aman, justru harus semakin selektif untuk tidak terjadi kesalahan fatal.

Baca Juga: Sekuel Train To Busan Rilis Poster Perdana, 'Peninsula' Tunjukkan Situasi Genting Diantara Para Zombie

"Ini akan menjadi 'kesalahan fatal' bagi negara mana pun untuk menganggapnya tidak akan terkena virus corona baru, dan negara-negara kaya yang mungkin mengira mereka lebih aman harus siap-siap jika virus tiba-tiba melanda," tutur kepala Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan pada hari Kamis.

Kepala Program Darurat WHO Dr. Mike Ryan mengibaratkan Iran yang sejauh ini melaporkan kematian terbanyak di luar Tiongkok.

Bahkan, amat mungkin berurusan dengan wabah yang lebih buruk daripada yang dipahami.

Dia juga mengatakan diskusi sedang diadakan dengan penyelenggara tentang nasib pertandingan Olimpiade yang dijadwalkan untuk Juli di Jepang.

"Tidak ada negara yang seharusnya berasumsi tidak akan mendapatkan kasus  itu akan menjadi kesalahan fatal, secara harfiah,” tutur  Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Baca Juga: Usai Italian Junior Dibatalkan, Atlet Muda Bulutangkis Tanah Air Melaju ke Dutch International 2020

Halaman:

Editor: Rahmi Nurlatifah

Sumber: Reuters

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X