2 Langkah Bersihkan Spons Cuci Piring agar Bebas Kuman

- 18 Oktober 2020, 12:26 WIB
Ilustrasi spons yang digunakan untuk keperluan mencuci peralatan dapur di rumah Anda. /PIXABAY/Hans/

PR TASIKMALAYA – Pemakaian berulang pada spons cuci piring, tidak hanya membuat spons berbau namun juga spons berpotensi menjadi sarang kuman yang membahayakan bagi kesehatan manusia.

“Jika spon cuci piring kotor, kuman dapat menyebar ke segala hal yang terkena sentuhan spon seperti piring, peralatan dapur, hingga meja dapur,” ujar Janilyn Hutchings selaku Ilmuwan makanan dari StateFoodSafety.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Laboratorium Keamanan dan Teknologi Pangan ARS USDA, terdapat dua metode yang dapat menghilangkan kuman dari spon cuci piring, yaitu:

Baca Juga: Mitos atau Fakta: Memeluk Sapi Bantu Kurangi Stres dan Tingkatkan Pikiran Positif

Mesin pencuci piring

Jika menggunakan mesin pencuci piring, hendaknya setiap malam masukkan spons ke rak paling atas dan nyalakan mesin pencuci piring.

Menurut Jennifer Quinlan selaku profesor di Departemen Ilmu Gizi Universitas Drexel, panas akan mesdisinfeksi spons cuci piring dan peralatan makan lainnya secara bersamaan.

Baca Juga: Bidik 5 Program, Risma Luncurkan Kampung Pendidikan Kampunge Arek Suroboyo

Microwave

Tujuannya untuk membuat air yang terdapat di spon cuci piring menguap. Panas yang dihasilkan microwave, dapat membunuh kuman yang ada di spon cuci piring.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Insider


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X