Awas Jangan Salah! Ini Tips Pilih Hewan Kurban yang Baik dan Sesuai Syariat

- 11 Juni 2024, 13:50 WIB
Ilustrasi sapi sebagai hewan kurban
Ilustrasi sapi sebagai hewan kurban /Unsplash/Taliwang Mengaji/

PR TASIKMALAYA - Salah satu ibadah yang dapat dilakukan di hari raya Idul Adha adalah menyembelih hewan kurban. Namun, saat memilih hewan tersebut ternyata terdapat hal yang harus diperhatikan. Mari simak tips untuk memilihnya agar tetap berkualitas dan sesuai dengan syariat.

Beberapa hal utama yang harus diperhatikan ketika hendak berkurban adalah melihat kondisi fisik dan kualitas dari hewan tersebut. Diantara yang paling umum adalah hewan tersebut harus halal dan sehat.

Dilansir dari Indonesia Baik, jenis hewan yang dapat disembelih saat berkurban juga tak sembangan. Hewan tersebut harus merupakan hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing, atau domba.

Tak hanya itu, umur dari seluruh hewan tersebut juga telah diatur oleh syariat. Dimana untuk kerbau dan sapi harus melebihi usia 2 tahun. Sedangkan untuk kambing dan domba minimal telah mencapai usia 1 tahun.

Baca Juga: Sarapan Rendah Karbohidrat untuk Diet dengan Biji-Bijian Mungil Chia Seeds

Kemudian syarat lain yang juga harus diperhatikan adalah kesehatan fisik hewan, dari mulai terhindar dari cacat seperti tidak memiliki tulang sumsum, putus ekor, patah tanduk, kebutaan, hingga kaki yang pincang.

Untuk itu, berikut kami paparkan tips memilih hewan kurban agar tetap baik dan berkualitas sekaligus tetap sesuai dengan syariat yang telah ditentukan.

Tips memilih hewan kurban sesuai syariat

Dari ulasan sederhana di atas, dapat dipahami bahwa tips di bawah ini akan disesuaikan dengan melihat aturan atau syariat yang berlaku secara umum. Berikut ini informasi lengkapnya yang dapat Anda simak.

Baca Juga: Dahsyatnya Puasa Arafah di Hari ke-9 Dzulhijjah, Penghapus Dosa Setahun Lalu dan yang Akan Datang

Halaman:

Editor: Al Makruf Yoga Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah