Jangan Senang Gemuk, Orang Obesitas Bisa Terkena 32 Jenis Kanker Ini

- 18 Mei 2024, 17:15 WIB
Obesitas ternyata dikaitkan dengna berbagai jenis kanker.
Obesitas ternyata dikaitkan dengna berbagai jenis kanker. /

PR TASIKMALAYA - Obesitas telah menjadi sorotan global dalam kaitannya dengan kesehatan, tetapi penelitian terbaru menegaskan bahwa dampaknya jauh lebih luas dari yang diperkirakan sebelumnya. Sebuah studi baru telah mengungkap bahwa obesitas tidak hanya meningkatkan risiko terkena satu atau dua jenis kanker, tetapi terkait dengan hingga 32 jenis kanker yang berbeda.

Lebih dari itu, obesitas juga menjadi pemicu dalam 40 persen kasus kanker. Ini menyoroti eskalasi serius dari masalah kesehatan global yang memerlukan perhatian mendesak dan tindakan yang efektif.

Studi ini menyoroti dampak sebenarnya dari obesitas terhadap kesehatan. Penelitian yang dilakukan para peneliti terhadap 4,1 juta orang dewasa menimbulkan peringatan mengerikan mengenai dampak kanker akibat obesitas, karena hal ini mencakup jangka waktu empat dekade.

Para ahli menemukan bahwa setiap kenaikan 5 poin  indeks massa tubuh (BMI) meningkatkan risiko terkena beberapa jenis kanker umum sebesar 24% pada pria dan 12% pada wanita.

Baca Juga: Khasiat Ampuh Rutin Berenang, Baik untuk Kesehatan dan Kesejahteraan Fisik Serta Mental

Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa obesitas berhubungan dengan lebih dari 30 jenis kanker, naik dari 13 jenis kanker yang diketahui sebelumnya. Para ilmuwan percaya bahwa obesitas dapat meningkatkan risiko kanker melalui mekanisme biologis seperti peradangan kronis, perubahan metabolisme, dan perubahan kadar hormon.

Direktur Aliansi Kesehatan Obesitas Katharine Jenner menekankan pentingnya tindakan mendesak pemerintah untuk mengatasi epidemi obesitas, termasuk pembatasan iklan makanan tidak sehat.

Para ahli juga menekankan perlunya meningkatkan kesadaran tentang pentingnya gaya hidup sehat dan pilihan makanan yang baik bagi masyarakat.

"Hasilnya jelas, jika kita dapat mencegah obesitas, kita dapat mencegah berbagai jenis kanker yang berhubungan dengan pola makan," kata Jenner seperti dilansir Daily Mail, Jumat, 17 Mei 2024.

Halaman:

Editor: Al Makruf Yoga Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah