Manfaat Menghabiskan Waktu di Alam, Jaga Kesehatan Jasmani, Mental dan Kreativitas

- 15 Mei 2024, 17:55 WIB
Ilustrasi alam Indonesia, Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 73.
Ilustrasi alam Indonesia, Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 73. /kanenori/pixabay

PR TASIKMALAYA - Belakangan ini banyak orang yang malas melakukan aktivitas di luar ruangan dan lebih banyak berdiam diri di dalam rumah. Faktanya, aktivitas di luar ruangan telah lama dianggap sebagai obat utama untuk mengatasi masalah kesehatan.

Menghirup udara segar di luar memang menyegarkan pikiran. Oksigen mengisi paru-paru, sinar matahari menyinari wajah dan membuat tubuh rileks.

Secara keseluruhan, menghabiskan waktu di alam adalah kesempatan berharga yang bermanfaat bagi kesehatan mental, emosional, dan fisik Anda.

Memang benar, menghabiskan waktu di alam dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kreativitas dan konsentrasi serta mengajarkan Anda untuk lebih menghargai kehidupan.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Wisata Alam di Cirebon, Ajak Keluarga Liburan Bersama

Seperti dilansir PMJ News, berikut empat manfaat menghabiskan waktu di alam terbuka yang bisa mendatangkan manfaat bagi kesehatan, tidak hanya bagi tubuh tetapi juga bagi kesehatan mental.

Manfaat Menghabiskan Waktu di Luar Ruangan

1. Meningkatkan kesehatan jasmani Jika Anda kesulitan menjaga rutinitas olahraga, berolahraga di luar ruangan dapat meningkatkan motivasi Anda untuk berolahraga.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Epidemiology and Community Health menemukan bahwa orang yang menghabiskan waktu di luar ruangan di alam atau ruang terbuka lebih cenderung melakukan aktivitas fisik dan memiliki tingkat aktivitas fisik yang lebih tinggi untuk mempertahankan berat badan yang lebih tinggi.

"Melakukan aktivitas luar ruangan seperti hiking, berenang, atau sekadar berjalan kaki, dapat meningkatkan kesehatan fisik, termasuk menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, kata Nicholette Leanza, Konselor Klinis Profesional Berlisensi LifeStance, mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Halaman:

Editor: Thytha Surya Swastika

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah