Ramadhan 2023: Bacaan Doa Niat Puasa dan Berbuka, Lengkap dengan Tulisan Arab, Latin, dan Terjemahannya

- 21 Maret 2023, 18:43 WIB
Dalam artikel ini terdapat tulisan doa niat puasa dan doa berbuka puasa yang perlu kamu baca dan terapkan ketika pelaksanaan ibadah puasa.
Dalam artikel ini terdapat tulisan doa niat puasa dan doa berbuka puasa yang perlu kamu baca dan terapkan ketika pelaksanaan ibadah puasa. /pixabay/

PR TASIKMALAYA – Puasa bulan Ramadhan tahun 2023 Masehi atau 1444 Hiriah tinggal menghitung hari, wajib hukumnya bagi seluruh umat Islam di seluruh penjuru dunia untuk melaksanakan ibadah puasa yang menjadi rukun Islam keempat.

Ibadah puasa sendiri menjadi rukun Islam keempat, setelah syahadat, sholat, dan zakat. Tidak afdal atau lebih baik rasanya, jika dalam melakukan suatu ibadah khususnya puasa tanpa membaca doa terlebih dahulu.

Doa menjadi bagian dari niat baik seseorang dalam melakukan ibadah atau kegiatan positif. Niat yakni suatu syarat sah dan termasuk pula ke dalam rukun puasa Ramadhan, sehingga wajib hukumnya bagi setiap umat Islam yang hendak menjalankan ibadah puasa untuk membaca doa.

Dalam artikel ini terdapat tulisan doa niat puasa dan doa berbuka puasa yang perlu kamu baca dan terapkan ketika pelaksanaan ibadah puasa tersebut.

Baca Juga: Totalitas! Shin Ye Eun Hapuskan Tanda di Tubuhnya ini untuk Drama The Glory

Bacaan doa niat puasa

Doa niat puasa dapat dibaca setelah selesai melakukan sholat tarawih pada malam hari atau pada saat sahur. Berikut bacaan doa niat puasa:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ لِلَّهِ تَعَالَى.

Nawaitu shauma ghadin 'an adaa i fardhi syahri ramadhaana haadzihis sanati lillahi ta'ala.

Artinya: “Aku berniat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban puasa bulan Ramadhan karena Allah SWT”.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurlatifah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah