Amankah Kolam Renang dari Virus Corona Covid-19? Ahli CDC Berikan Jawabannya

- 23 Juni 2020, 10:50 WIB
ILUSTRASI kolam renang. Libur panjang natal dan tahun baru, warga masih menjadikan kolam renang sebagai tujuan favorit bervakansi.* /ARIF FIRMANSYAH/ANTARA /ARIF FIRMANSYAH

PR TASIKMALAYA - Wabah virus corona Covid-19 masih menjadi momok yang ditakutkan masyarakat. Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan penyakit yang menyerang sistem pernafasan ini juga memang bisa merenggut nyawa seseorang.

Akibatnya, di masa pandemi corona saat ini banyak orang yang menghindari tempat umum, termasuk kolam renang. Mereka beranggapan tempat tersebut menjadi kluster penyebaran Covid-19. Namun, bernarkah kebenarannya demikian?

Dilansir PMJ News dari Pop Sugar, seorang ahli menyebut jika kolam renang aman dari Covid-19. Masalah utama dari kolam renang bukanlah air, tapi sulitnya menjaga jarak dan memakai masker saat berenang.

Baca Juga: Kecam Aksi Antirasisme, Sebuah Pesawat Terbang di Atas Stadion dengan Spanduk 'White Lives Matter'

Pihak Centers For Disease Control (CDC) mengatakan, hingga saat ini tidak ada bukti virus corona penyebab sakit Covid-19 bisa menyebar di kolam renang atau kolam pemandian air panas.

loading...

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Direktur Medis dan Spesialis Penyakit Menular Westmed Medical Group, Sandra Kesh, MD. 

“Urutan peristiwa yang terjadi untuk bisa menularkan, seseorang meninggalkan virus di permukaan, seperti papan seluncur, dan orang lain menyentuhnya dan menelannya sehingga tertular relatif tidak mungkin,” ujarnya.

Baca Juga: Jutaan Umat Kerap Lakukan Haji Tiap Tahun, Arab Saudi: Ibadah Tahun ini Serba 'Terbatas'

Sandra mengatakan sebaliknya, risiko penularan terjadi karena interaksi sesama pengunjung, yang mana dalam kolam renang biasanya anak berlarian di kolam renang, dan sulit menjaga jarak 1 hingga 2 meter di lokasi.

Halaman:

Editor: Suci Nurzannah Efendi

Sumber: PMJ News


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X