Persiapkan Diri, Begini Tata Cara Salat dan Khotbah Idulftri Sendiri di Rumah

- 23 Mei 2020, 08:00 WIB
ILUSTRASI salat idulfitri.* //pexels/Chattrapal

PIKIRAN RAKYAT – Tahun ini, perayaan hari raya Idulfitri 1441 Hijriah akan terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebab dampak dari adanya wabah Covid-19 yang masih belum mereda sampai saat ini

Yang akan terasa berbeda dari sebelumnya bukan hanya salat tarawih tapi salat Id juga. Di tengah wabah Covid-19, hampir dipastikan pemerintah mengimbau umat Islam tidak menggelar Salat Id berjemaah di lapangan atau masjid.

Baca Juga: Cek Fakta: Benarkah Pasar Tanah Abang Kembali Ramai Jelang Idul Fitri di Tengah PSBB DKI Jakarta?

Maka dari itu, demi menghindari penyebaran virus corona, umat Islam diimbau untuk melaksanakannya di rumah masing-masing.

Dikutip PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari situs Galamedia, meski hanya salat berjemaah bersama keluarga, namun salat Id tetap memiliki tata cara tersendiri.

Salah satunya tentang khotbah. Di antara yang membedakan antara salat id (Idulfitri atau Iduladha) dan salat sunnah pada umumnya adalah adanya khotbah.

Baca Juga: RSUD SMC Kini Miliki Laboratorium TCM, Mampu Deteksi Pasien Terpapar Covid-19 Hanya Dalam 45 Menit

Keberadaan khotbah yang mengiringi pelaksanaan salat bisa dianggap penanda bahwa salat tersebut ada pada momen yang penting, seperti khotbah Jumat yang digelar pada hari berjuluk sayyidul ayyâm (rajanya hari) dan khotbah istisqa’ kala umat Islam dilanda kekeringan.

Dalam kitab al-Fiqh al-Manhajî ‘ala Madzhabil Imâm asy-Syâfi‘î karya Musthafa al-Khin, Musthafa al-Bugha, dan 'Ali asy-Asyarbaji diterangkan bahwa berbeda dari salat Jumat, khotbah pada salat id dilaksanakan setelah salat dua rakaat usai, bukan sebaliknya.

Baca Juga: Cek Fakta: Benarkah Bandara Soetta Disebut Berbisnis Rapid Test untuk Penumpang Keberangkatan?

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Galamedia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X