Benarkah Air Dingin Sebabkan Kram saat Menstruasi? Simak Penjelasan Pakar Kesehatan

- 9 April 2020, 11:20 WIB
Ilustrasi kram saat menstruasi.* / pixabay/

PIKIRAN RAKYAT – Datang bulan atau menstruasi menjadi kebiasan para wanita dewasa yang harus dihadapi setiap bulannya. Bukan tidak mungkin, menstruasi ini terkadang menimbulkan rasa sakit dibagian perut.

Ketika datang bulan datang, disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan dan minuman dingin. Tetapi apakah saran ini benar? Mengapa makanan dingin menghambat sistem kita? 

Menurut Penelitian Tiongkok kuno, minum air dingin selama periode tersebut akan merusak keseimbangan tubuh dan akibatnya mempengaruhi kulit dan kesehatan

Baca Juga: Diliputi Cinta dan Kebahagiaan, Ketahui 3 Zodiak Terbaik selama Bulan Purnama April

Dikutip PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari situs FoodNdtv, mari kita mengungkap mengapa air dingin itu dilarang dikonsumsi saat menstruasi?

Apa yang sebenarnya menyebabkan kram menstruasi?

Kram menstruasi disebabkan oleh kontraksi yang berlebihan dari otot-otot rahim dan perut untuk mengeluarkan darah dari dalam tubuh.

Kontraksi otot ini disebabkan oleh berbagai bahan kimia yang mungkin juga termasuk prostaglandin, itulah sebabnya diminta untuk menghindari makanan dan minuman tertentu yang memicu produksi bahan kimia ini.

Baca Juga: Bingung saat Puasa di Luar Negeri? Yuk Baca Dulu 5 Tips Penyesuaiannya!

Mempercayai kisah para istri tua Tiongkok bahwa minum air dingin menyebabkan berkurangnya suhu di usus sehingga menyulitkan usus untuk menyerap nutrisi penting. Selain itu, dapat menyebabkan jerawat. 

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Food.ndtv


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X