7 Efek Samping Konsumsi Labu Pahit Berlebihan, Salah Satunya Menyebabkan Keguguran pada Janin

- 29 Februari 2020, 10:00 WIB

PIKIRAN RAKYAT - Labu pahit adalah obat herbal yang digunakan selama berabad-abad. Meski pahit, labu dikenal punya manfaat, salah satunya untuk membantu mengatur kadar gula darah.

Akant tetapi, engonsumsi labu pahit secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping pada kesehatan yang berbahaya.

Baca Juga: Kontur Tanah Miring usai Dilanda Hujan Deras, Jembatan Penghubung Dua Desa di Kabupaten Tasikmalaya Terancam Putus

1. Menyebabkan keguguran

Labu pahit memiliki emmenagogue (peningkatan aliran menstuari) dan efek abortifacient jika dikonsumsi berlebihan. Sehingga memicu adanya kontraksi.

Wanita yang sedang menyusui tidak dianjurkan mengonsumsi labu pahit secara berlebihan. Maka dari itu, sebaiknya segera berkonsultasilah dengan dokter.

loading...

Baca Juga: Tingkat Sulfur Dioksida Terdeteksi, Wuhan Lakukan Kremasi Massal 50.000 Pasien Virus Corona, Simak Fakta Selengkapnya

2. Mengganggu kinerja obat

Mengonsumsi labu pahit secara bersamaan dengan obat-obatan standar dapat menurunkan kadar gula darah yang terlalu banyak, sehingga menjadi sangat rendah.

Orang yang memiliki penyakit diabetes dan sedang menjalani pengobatan, harus berkonsultasi dengan dokter sebelum keasyikan mengonsumsi labu pahit.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Stylecraze

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X