Demi Bisa Menangkal Varian Baru Covid-19, Perlukan Vaksin Booster bagi Setiap Orang?

- 22 Juli 2021, 09:28 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19/Simak penjelasan perlukah memberikan vaksin booster kepada semua orang agar bisa menangkal varian baru dari virus corona atau Covid-19.
Ilustrasi vaksin Covid-19/Simak penjelasan perlukah memberikan vaksin booster kepada semua orang agar bisa menangkal varian baru dari virus corona atau Covid-19. /Pixabay.com/HakanGERMAN

PR TASIKMALAYA - Vaksinasi menjadi hal penting yang dilakukan hampir seluruh dunia dalam menghindari penyebaran virus corona atau Covid-19.

Setelah semakin banyak orang yang divaksin, perhatian beralih kepada vaksin penguat untuk terlindung dari varian Covid-19 yang baru.

Vaksin booster dirancang untuk memperkuat respons kekebalan tubuh terhadap antigen atau "penyerbu asing" yang telah disiapkan untuk ditanggapi oleh vaksin Covid-19 sebelumnya.

Baca Juga: 3 Zodiak yang Diramal Mampu Lakukan Pembayaran yang Sempat Tertunda: Taurus Hati-hati Karena Cenderung Boros

Para ilmuwan masih mempelajari berapa lama kekebalan yang diberikan oleh vaksin Covid-19 bertahan, dan apakah vaksin itu efektif melawan varian baru virus yang telah muncul.

Seperti diketahui bahwa kumpulan vaksin saat ini memicu sistem kekebalan tubuh kita untuk menghasilkan sel yang melindungi dari penyakit parah akibat Covid-19.

Sel yang dihasilkan berupa Sel T "pembunuh", yang mengenali sel yang terinfeksi virus dan membunuhnya.

Baca Juga: Krisdayanti Akui di Masa Lalu Sempat Kepergok Aurel dan Azriel Hendak Clubbing di Las Vegas: Mereka Nguping

Ada pula yang disebut sel "memori B" yang mengingat virus dan memanggil sistem kekebalan untuk bertindak jika virus mencoba menginfeksi seseorang setelah vaksinasi.

Halaman:

Editor: Asri Sulistyowati

Sumber: Al Jazeera


Tags

Artikel Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X