Indonesia Masih Diserang Pandemi Covid-19, DPD: UMKM di Sebagian Wilayah Mampu Bertahan

- 25 Oktober 2020, 21:59 WIB
Ilustrasi UMKM.* /Pixabay/
Ilustrasi UMKM.* /Pixabay/ /

PR TASIKMALAYA - Sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM), khususnya yang ada di Malang, Jawa Timur, mampu bertahan di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu dinyatakan oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) La Nyalla Mahmud Mattalitti. 

“Kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) mencapai 54 persen, sehingga dalam upaya untuk memulihkan perekonomian di tengah pandemi Covid-19, harus mengoptimalkan peran UMKM yang ada,” ucap La Nyalla.

Baca Juga: PSBB Transisi DKI Jakarta Diperpanjang, Kebijakan Plat Ganjil-Genap Kembali Ditiadakan  

Ia mengatakan bahwa UMKM telah teruji di masa krisis, dan ia ingin melihat langsung kinerja UMKM yang ada di masa pandemi tersebut.

Menurut La Nyalla, sektor UMKM yang mampu bertahan di masa krisis merupakan tulang punggung perekonomian untuk wilayah Jawa Timur. Bahkan, meskipun saat ini terjadi kontraksi ekonomi, sektor UMKM kebanyakan tidak melakukan pemberhentian karyawannya.

La Nyalla menambahkan pihaknya mengapresiasi salah satu industri kecil yang ada di Kabupaten Malang, Jawa Timur, yakni produsen keripik singkong, yang hingga saat ini mampu mempertahankan seluruh karyawannya di tengah pandemi Covid-19.

"Di sini, UMKM tidak mengurangi 120 tenaga kerjanya, dan tetap menyerap singkong hasil tanam masyarakat sekitar. Sementara banyak industri skala besar mengurangi jumlah karyawan. Tapi UMKM ini tetap bertahan. Ini tentu harus diapresiasi," ujar La Nyalla.

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Anies Baswedan Kembali Berlakukan PSBB Transisi di DKI Jakarta

Halaman:

Editor: Rahmi Nurlatifah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x