BPNT 2024 Cair Kapan? Simak Jawaban dan Cara Cek Penerima Bansos Kartu Sembako Lewat HP

- 26 Januari 2024, 17:50 WIB
Ilustrasi BPNT 2024 dan cara cek penerima bansos Kartu Sembako
Ilustrasi BPNT 2024 dan cara cek penerima bansos Kartu Sembako /Dok. Kemensos./Dok Kemensos.

PR TASIKMALAYA - Memasuki akhir bulan Januari 2024, banyak masyarakat yang mulai  mempertanyakan kapan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) akan cair? 

Oleh sebab itu, artikel ini akan menyediakan informasi lengkap pencairan BPNT 2024 lengkap dengan cara cek penerima bantuan sosial (bansos) Kartu Sembako secara online lewat handphone (HP). 

Sebelum itu, perlu diketahui bahwa bansos yang dikenal Kartu Sembako ini merupakan salah satu program rutin dari Kementerian Sosial (Kemensos) yang menyasar keluarga miskin atau rentan miskin. 

Kemudian Kemensos hanya memberikan BPNT 2024 tersebut kepada keluarga yang sudah terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Baca Juga: Cara Cek Penerima BPNT 2024 Pakai HP dan KTP

Lantas kapan BPNT 2024 cair?

Berdasarkan kebijakan Kemensos, BPNT Kartu Sembako akan disalurkan setiap bulan dengan besaran Rp200.000 per penerima untuk satu bulan. 

Apabila bulan Januari sudah berakhir dan BPNT tak kunjung cair, maka besar kemungkinan Kemensos akan merapel bantuannya dengan bulan selanjutnya yaitu Februari 2024. 

Dengan demikian setiap penerima akan mendapat bantuan Rp400.000 untuk dia bulan pencairan. 

Biasanya Kemensos akan mengirimkan surat undangan yang berisi nominal bantuan dan tanggal pencairan dari bansos tersebut. Sehingga penerima hanya perlu datang sesuai tanggal pencairan yang sudah ditetapkan.

Halaman:

Editor: Wulandari Noor

Sumber: kemensos.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x