Budaya Berubah Akibat Covid-19, Warga Indonesia Kini Terbiasa Terapkan Pembayaran Non-Tunai

- 16 September 2020, 11:28 WIB
ILUSTRASI Pembayaran non tunai.* /Pixabay

PR TASIKMALAYA - Survei global terbaru dari Standard Chartered, Covid-19 telah membuat konsumen kini cenderung berbelanja secara non-tunai, berhati-hati, dan lebih teliti.

Hampir 75% responden survei di Indonesia dan dua pertiga di seluruh dunia setuju bahwa Covid-19 telah membuat mereka lebih positif tentang belanja daring.

Tetapi mereka juga lebih berhati-hati dengan pengeluaran mereka dan menginginkan cara baru untuk melacak uang mereka secara digital.

Baca Juga: Memasak Menjadi Lebih Mudah! ini Cara Menghitung Takaran Santan Instan untuk Makanan

Studi terhadap 12.000 orang dewasa di 12 negara Hong Kong, India, Indonesia, Kenya, Tiongkok Daratan, Malaysia, Pakistan, Singapura, Taiwan, Uni Emirat Arab Inggris, dan AS adalah studi yang kedua dari rangkaian tiga bagian.

loading...

Studi dilakukan untuk melihat bagaimana Covid-19 telah mengubah cara hidup konsumen, dan perubahan apa yang akan tetap ada setelah pandemi.

Bila survei pertama berfokus pada dampak pandemi terhadap pendapatan, survei kedua menawarkan wawasan baru tentang bagaimana krisis kesehatan global ini mengubah kebiasaan belanja konsumen.

Baca Juga: Di Tengah PSBB Ketat, Penumpang KRL Dilarang Menggunakan Masker Jenis Buff dan Scuba

Di Indonesia, preferensi konsumen untuk berbelanja daring telah meningkat 16% (dari 40% sebelum pandemi menjadi 56% pada saat pandemi).

Halaman:

Editor: Rahmi Nurlatifah

Sumber: Warta Ekonomi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X