Akses Link cekbansos.kemensos.go.id untuk Cek BLT El Nino 2023 Online

- 4 Desember 2023, 08:10 WIB
Ilustrasi BLT El Nino
Ilustrasi BLT El Nino /Instagram.com/@pidjar.ig.

PR TASIKMALAYA - Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino masih menjadi bantuan sosial (bansos) yang kini didistribusikan oleh pemerintah untuk membantu masyarakat. Di tengah terjadinya fenomena El Nino yang berdampak pada harga pangan, banyak masyarakat yang penasaran sudah terdaftar atau belum mereka sebagai penerima bansos ini. 

Maka dari itu, artikel ini menyediakan langkah-langkah atau cara cek BLT El Nino 2023 secara online dengan hanya membuka link cekbansos.kemensos.go.id sekaligus dengan informasi pencairannya. 

Sebelumnya perlu diketahui bahwa BLT El Nino 2023 ini sama seperti bansos lainnya yang menyasar keluarga miskin atau rentan miskin di Indonesia. Kemudian hanya keluarga yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) lah yang berhak mendapat bansos tersebut. 

Kemudian terkait waktu pencairan, pemerintah mulai menyalurkan BLT El Nino 2023 pada November kemarin hingga Desember ini. Pemerintah hanya memberlakukan BLT El Nino 2023 untuk dua bulan saja. 

Baca Juga: Ingin Dapat BLT El Nino Desember 2023? Begini Tahapan, Cara Cek hingga Syarat agar Bantuan Cepat Cair!

Nominal dan Cara Cek BLT El Nino 2023

Besaran bantuan EL Nino 2023 ini adalah Rp200.000 per bulan yang disalurkan sekaligus untuk dua bulan, sehingga setiap penerima akan mendapat Rp400.000. Bantuan tersebut diharapkan bisa meringankan beban pengeluaran masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok mereka. 

Untuk memperoleh bansos tersebut, masyarakat bisa melakukan pengecekkan secara online dengan mengunjungi laman Kemensos resmi. Berikut langkah-langkahnya: 

Cek BLT El Nino 2023

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menyiapkan perangkat handphone (HP) atau komputer yang terhubung dengan jaringan internet. 

Halaman:

Editor: Wulandari Noor


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x