Kenali Istilah Bitcoin, Pilihan Aset Investasi Digital di Masa Krisis karena Pandemi

- 12 September 2020, 17:04 WIB
bitcoin
bitcoin /

PR TASIKMALAYA - Pandemi virus corona telah menciptakan gejolak ekonomi dan keuangan global pada skala yang tidak pernah ada sejak Perang Dunia II.

Lockdown berkepanjangan, pengangguran massal, dan perdagangan internasional yang kacau menyebabkan ambruknya pasar saham.

Sekretaris Jenderal PBB memperingatkan pada bulan april lalu, pandemi akan menimbulkan resesi yang tidak pernah terjadi sebelumnya.

Baca Juga: Susul Enam Negara Lain, Indonesia Putuskan Mundur dari Piala Thomas dan Uber 2020

Sejak pertengahan maret, ketika lockdown mulai diberlakukan di seluruh dunia, harga emas naik hampir sepertiganya. Di dalam waktu yang sama, harga bitcoin sudah hampir tiga kali lipat dari emas dan terus naik.

Bitcoin adalah salah satu cryptocurrency atau aset digital dimana kepemilikan koin seseorang disimpan dalam sebuah buku besar berbentuk database terkomputerisasi yang diamankan menggunakan kriptografi yang kuat.

Kenaikan harga bitcoin baru-baru ini membuat beberapa orang menyarankan bahwa bitcoin telah berpindah dari aset spekulatif ke aset safe-haven. Beberapa orang bahkan menyebutnya sebagai ‘emas digital’.

Baca Juga: Jatuhnya Rupiah Dikaitkan dengan Kebijakan Anies Baswedan, Fraksi PDIP Meminta Jaminan

Safe-haven adalah aset yang dimanfaatkan oleh para investor untuk mempertahankan atau bahkan menaikakan nilai investasi dan membatasi risiko kerugian saat terjadi penurunan pasar.

"Saya pikir Bitcoin kemungkinan merupakan manifestasi terbaik dari mata uang digital. Internet merupakan sesuatu yang didasari oleh konsensus dan dibuat oleh semua orang.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Independent Warta Ekonomi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x