Belum Lolos sebagai Peserta Kartu Prakerja? Berikut hal yang Dapat Dilakukan

- 20 Juli 2023, 16:55 WIB
Berikut apa yang bisa dilakukan peserta Kartu Prakerja yang dinyatakan tidak lolos dalam proses penyeleksian.
Berikut apa yang bisa dilakukan peserta Kartu Prakerja yang dinyatakan tidak lolos dalam proses penyeleksian. /prakerja.go.id/

PR TASIKMALAYA - Program Kartu Prakerja diperuntukan bagi siapa saja masyarakat Indonesia yang memang membutuhkan layanan tersebut untuk membantu akses pencarian kerja.

Yang mana program Kartu Prakerja setiap tahunnya disiapkan oleh Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker). Selain itu, Kartu Prakerja juga menyediakan banyak gelombang di setiap tahunnya. 

Dalam hal ini, gelombang tersebut akan selalu dibuka paling tidak dalam waktu satu bulan sekali. Dengan demikian, peluang untuk menjadi peserta Kartu Prakerja selalu terbuka dalam setiap kesempatannya.

Namun, seringkali ditemukan keluhan dari peserta Kartu Prakerja yang dinyatakan belum lolos dalam proses penyeleksian. Di mana hal itu membuat peserta tersebut akhirnya menyerah dan tak mencoba kembali untuk mengikuti penyeleksian Kartu Prakerja pada gelombang yang selanjutnya.

Baca Juga: Sikapnya Dinilai Tak Beretika, Keisya Levronka Dicibir Netizen Usai Podcast dengan Marlo Viral

Atas hal itu, maka perlu diketahui apa yang bisa dilakukan oleh peserta Kartu Prakerja yang dinyatakan tidak lolos dalam proses penyeleksian, sebagaimana dilansir PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari akun Instagram resmi milik Kartu Prakerja, @prakerja.go.id dalam unggahan berupa video Reels Instagram, diperlihatkan pernyataan dari salah satu Alumni Kartu Prakerja, Nadia Yolanda.

Nadia menyatakan apa saja yang harus dilakukan peserta program Kartu Prakerja ketika dinyatakan tidak lolos dalam proses penyeleksian. Dimana dirinya menjelaskan bahwa cara yang harus dilakukan adalah tidak membuang-buang waktu saat jeda menuju gelombang selanjutnya.

Menurutnya, ketika pengumuman keluar dan dinyatakan tidak lolos. Maka, peserta seharusnya menggunakan waktu yang ada dalam jeda menuju gelombang selanjutnya untuk mempertimbangkan terkait pelatihan mana nantinya yang akan dibeli saat sudah dinyatakan lolos di gelombang selanjutnya.

Sebab dalam hal ini, waktu atau jeda menuju gelombang selanjutnya yang disiapkan Kartu Prakerja terhitung cukup lama. Apabila waktu yang cukup lama masih membuat kebingungan untuk memilih pelatihan setelah dinyatakan lolos nantinya, maka menurut Nadia hal itu hanya membuang waktu.

Halaman:

Editor: Aghnia Nurfitriani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x