Simak Sektor Pelatihan dan Besaran Insentif Program Kartu Prakerja Tahun 2023

- 5 Februari 2023, 11:50 WIB
Ilustrasi – Simak informasi sektor pelatihan dan besaran insentif dari program Kartu Prakerja 2023 bagi peserta.
Ilustrasi – Simak informasi sektor pelatihan dan besaran insentif dari program Kartu Prakerja 2023 bagi peserta. //Instagram.com/@prakerja.go.id/

PR TASIKMALAYA – Program Kartu Prakerja pada 2023 kali ini disesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja. Pelatihan nantinya dilakukan dengan skema normal dan seluruh peserta akan difokuskan kepada penguatan kompetensi dan produktivitas.

Usia melihat dampak positif program Kartu Prakerja di tahun sebelumnya, Denni Purba Puspasari selaku Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP) akhirnya mempertimbangkan agar adanya peningkatan kualitas dalam program pelatihan ini.

Berbeda dengan tahun 2022 yang dilakukan dengan sifat bantuan sosial, Kartu Prakerja untuk 2023 akan berubah menjadi skema normal.

Baca Juga: 17 Tips Tingkatkan Kualitas Tidur Lebih Baik di Malam Hari

“Karena program ini tidak lagi bersifat semi bansos, maka semua penerima bantuan sosial sebelumnya, apakah itu PKH, BPUM, BSU dan lain-lain sudah boleh mengikuti Program Kartu Prakerja,” kata Denni Purba Puspasari seperti dikutip oleh PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari Kominfo Newsroom .

Pelatihan program Kartu Prakerja mengharapkan adanya peningkatan keterampilan angkatan kerja, sehingga standar pelatihan akan dilakukan upaya peningkatan yang signifikan, dengan dititikberatkan kepada penyesuaian kebutuhan pasar kerja saat ini.

“Pasar tenaga kerja memiliki dua sisi, yakni sisi permintaan dan penawaran. Program Kartu Prakerja membekali angkatan kerja pada sisi penawaran (supply), sedangkan sisi permintaan (demand) atau lowongan kerja, bukan berada pada kontrol Program Kartu Prakerja," ujarnya. 

Baca Juga: Link Live Streaming Persib Bandung vs PSS Sleman dan Prediksi Susunan Pemain, Kick Off Pukul 16.00 WIB

"Hal seperti itu dilakukan dengan program-program yang mendorong investasi, sehingga bisa menciptakan lapangan kerja lebih besar. Meskipun Program Kartu Prakerja juga mendorong kewirausahaan yang artinya menciptakan lowongan kerja dan entrepreneur-entrepreneur muda,” tutur Denni melanjutkan.

Halaman:

Editor: Wulandari Noor

Sumber: prakerja.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x