Kemensos: Pencairan Bantuan Sosial Tunai Warga Terdampak Covid-19 Gelombang Kedua Cair Awal Juni

- 27 Mei 2020, 16:50 WIB
 Menteri Sosial Juliari P Batubara memberikan langsung Bantuan Sosial Tunai bagi warga terdampak Covid-19 di Kantor Pos Cimahi, Jalan Gatot Subroto, Kota Cimahi, Minggu (10/5/2020).
Menteri Sosial Juliari P Batubara memberikan langsung Bantuan Sosial Tunai bagi warga terdampak Covid-19 di Kantor Pos Cimahi, Jalan Gatot Subroto, Kota Cimahi, Minggu (10/5/2020). /RIZKY PERDANA/PRFM.

PIKIRAN RAKYAT - Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap kedua bagi warga terdampak Covid-19 akan cair awal bulan Juni.

Bantuan tersebut diberikan oleh pemerintah supaya dapat dimanfaatkan bagi warga yang terdampak Covid-19.

Dikutip PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari situs Antara, hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin (Dirjen PFM) Kementerian Sosial (Kemensos), Asep Sasa Purnama.

Baca Juga: Polisi Sebut Kucing Besar Berkeliaran di Taman Tak Bahaya, Seorang Pria Justru Yakini itu Cheetah

"Rencana awal Juni gelombang kedua BST sudah bisa dicairkan keluarga penerima manfaat (KPM)," kata Asep di Indramayu, Rabu, saat melakukan monitoring dan supervisi BST di Kabupaten Indramayu.

Asep mengatakan, saat ini dana BST tahap dua sudah berada di kantor PT Pos Indonesia. Mereka tinggal menunggu perintah pencairan dari pemerintah.

"Sedangkan untuk gelombang ketiga, kalau sesuai jadwal itu pekan ketiga bulan Juni," ujarnya.

Baca Juga: 4 Media Terbesar Brasil Tarik Wartawan dari Kediaman Presiden, Dianggap Plot Gulingkan Bolsonaro

Dari data yang ada, kata Asep, alokasi KPM BST di Kabupaten Indramayu mencapai 33.954 keluarga. Sementara untuk realisasi KPM BST yang sudah tersalurkan di Kabupaten Indramayu 30.203 keluarga.

Setiap KK mendapatkan BST sebesar Rp 600.000 setiap bulan selama 3 bulan, selama masa pandemi COVID-19. Sementara data KPM penerima BST di Provinsi Jawa Barat a.070.758 keluarga.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x