Legislator: Sosial Distancing Mesti Diimbangi dengan Penanganan Medis dan Kebijakan Ekonomi

- 27 Maret 2020, 06:55 WIB
ANGGOTA DPRD Jabar Ali Rasyid.*
ANGGOTA DPRD Jabar Ali Rasyid.* /ARIS MF

PIKIRAN RAKYAT - Kebijakan pembatasan sosial atau social distancing bagi masyarakat dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus Corona di Jawa Barat, harus diimbangi dengan langkah strategis dalam penanganan medis dan kebijakan ekonomi.

Hal ini dinilai sangat penting dilakukan agar upaya pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran wabah Virua Corona Diseas (Covid-19) di Jawa Barat bisa berjalan efektif dan sesuai dengan harapan.

Menurut Anggota Komisi V DPRD Jawa Barat, Ali Rasyid, penanganan Virus Corona ini harus lebih terorganisir dan terkoordinasi dengan baik di semua tingkatan. Utamanya antara satuan gugus tugas dengan rumah sakit, baik rumah sakit milik pemerintah atau pun rumah sakit swasta.

Baca Juga: Pastikan Kesiapan Tangani Virus Corona, Bupati Garut Tinjau Langsung RSUD Dr Slamet

"Jadi secara teknis Kepala Daerah juga harus segera memfungsikan gugus tugas penangan corona. Sedangkan kepala daerah fokus pada kebijakan-kebijakan dan menyiapkan kebutihan peralatan medis yang diperlukan oleh rumah sakit," kata Ali Rasyid, Kamis 26 Maret 2020.

Ditambahkan dia, Pemerintah harus membuat kebijakan penyelamatan ekonomi masyarakat saat sosial distancing diberlakukan. Sehingga masyarakat bisa tenang ketika tinggal di rumah dan membatasi ruang gerak bertemu dengan masyarakat lain.

Pihaknya tidak ingin penanganan penyebaran virus Corona ini tidak terkendali akibat kesalahan dalam mengambil kebijakan. Jangan sampai penanganan medisnya tidak serius terkait isolasi pasien dan ekonomi masyarakat tidak diperhatikan.

Baca Juga: Virus Corona, Maskapai AirAsia Pilih Hibernasi dan Stop Penerbangan

"Hingga pada akhirnya penyebaran penyakit tidak terkendali, ekonomi juga ambruk," kata anggota Dewan dari daerah pemilihan Kota dan Kabupaten Tasikmalaya itu.

Antara penanganan medis dan juga penanganan ekonomi masyarakat, kata Ali harus sineegis dan itu bisa dilakukan oleh gugus tugas di masing-masing daerah. Sehingga penanganan penyebaran Corona terorganisir dengan baik.

Pemerintah Jawa Barat juga harus segera melengkapi perlengkapan medis bagi rumah sakit yang ditunjuk untuk menangani Corona di daerah. Dan tentunya dilengkapi dengan alat pelindung diri yang memadai.

Baca Juga: Malah Mudik saat Virus Corona Merebak, Ratusan Warga Cipatujah Tasikmalaya Diminta Isolasi Mandiri

Ali mengakui penyebaran virus Corona di Jawa Barat kian memprihatinkan dengan terus bertambahnya kasua positif Covid-19 dan bertambahnya kasus kematian akibat virus Corona.

Maka ia meminta masyarakat untuk waspada dan mentaati apa yang diamanatkan oleh pemerintah dengan membatasi diri untuk tidak berkerumun di luar rumah. Langkah ini sangat efektif dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona di Jawa Barat.

"Masyarakat banyak yang abai dengan imbauan pemerintah untuk diam di rumah karena alasan ekonomi. Makanya sektor ekonomi juga harus digarap serius oleh pemerintah. Agar upaya memerangi penyebaran virus Corona bisa berjalan lancar," kata Politisi Partai Gerindra itu.***

 

Editor: Gugum Rachmat Gumilar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x