Bank Mandiri Optimalisasi Program Kewirausahaan Petani

- 13 Juni 2021, 20:59 WIB
Bank Mandiri dampingi Menteri BUMN Erick Thohir saat melaksanakan kunjungan ke SPBT Pamarican, Ciamis, Jawa Barat, Minggu 13 Juni 2021. Bank Mandiri berikan dukungan ke program kewirausahaan petani di Pamarican.
Bank Mandiri dampingi Menteri BUMN Erick Thohir saat melaksanakan kunjungan ke SPBT Pamarican, Ciamis, Jawa Barat, Minggu 13 Juni 2021. Bank Mandiri berikan dukungan ke program kewirausahaan petani di Pamarican. /Dok. Bank Mandiri/

PR TASIKMALAYA - Bank Mandiri ingin mengoptimalkan dampak program Kewirausahaan Petani agar bisa meningkatkan kesejahteraan petani. Untuk itu, Bank Mandiri terus berperan aktif melakukan pembinaan, pendampingan usaha serta menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk membantu permodalan petani.

Dukungan Bank Mandiri dalam implementasi program Kewirausahaan Petani di Pamarican, Ciamis, Jawa Barat diawali sejak Oktober 2017, antara lain melalui penyaluran bantuan CSR pembangunan Sentra Pengolahan Beras Terpadu (SPBT) kepada Gabungan Kelompok Petani Bersama (Gapoktan), penyaluran pembiayaan KUR dan pendampingan serta pembinaan pengelolaan usaha secara profesional.

Sejak diimplementasikannya program ini, telah dibentuk PT Mitra Desa Pamarican (PT MDP), yang sahamnya dimiliki Gapoktan dan Badan Usaha Milik Desa (BUMdes), dan anak usaha BUMN yaitu PT Mitra Bumdes Nusantara.

Baca Juga: Cara Buka Rekening Bank Mandiri Secara Online Tanpa Perlu ke Kantor Cabang Terdekat

Pengelolaan SPBT dikerjasamakan dengan PT MDP agar dikelola secara professional dan menghasilkan keuntungan kembali kepada petani dan masyarakat desa sebagai pemegang saham.

Menurut Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi, pembiayaan KUR akan memberikan akses kredit berbunga rendah yang bisa digunakan petani untuk membeli bibit, pupuk, obat hama maupun alat pertanian lainnya.

Hal ini sangat membantu petani dalam pengelolaan pertanian sehingga modal yang dimiliki petani bisa dimanfaatkan untuk melakukan usaha lainnya dan meningkatkan pendapatannya.

Baca Juga: Erick Thohir Ceritakan Keseruannya Berburu BTS Meal: Sampe Keringetan

“Dukungan pembiayaan yang terjangkau akan melipatgandakan manfaat yang bisa diperoleh petani dari program Kewirausahaan Petani ini. Kami berharap dukungan ini dapat mendukung pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan petani, terutama di masa pandemi ini," kata Darmawan saat mendampingi Menteri BUMN Erick Thohir dalam kunjungan kerja ke SPBT Pamarican, Minggu 13 Juni 2021.

Halaman:

Editor: Agil Hari Santoso


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x