Saat Pandemi Covid-19, Beredar Video Aksi Mahasiswa di Jakarta Menuntut Jokowi Turun, Simak Faktanya

- 4 Juni 2020, 07:30 WIB
Beredar video aksi mahasiswa menuntut jokowi dtengah pandemi covid-19, faktanya aksi tersebut berlangsung pada 2019 bulan September.* /Turn Back Hoax MAFINDO

PR TASIKMALAYA - Akun Facebook atas nama Marta Cpr Sikumbang membagikan video dari kanal Youtube Suara Mambruk.

Dalam unggahannya tersebut ia memberikan keterangan judul “selasa 2 Juni 2020 Aksi mahasiswa tuntut Jokowi turun dari presiden.”

Setelah tim PikiranRakyat-Tasikmalaya.com melakukan penelusuran dari berbagai sumber, klaim bahwa ada aksi unjuk rasa mahasiswa yang menuntut Presiden Joko Widodo mundur pada Selasa, 2 Juni 2020 di Jakarta adalah klaim yang salah.

Baca Juga: Cek Fakta: Benarkah Jokowi Berikan Pesan untuk Gibran Bahwa Jadi Pemimpin itu Tidak Perlu Pintar?

Faktanya, aksi unjuk rasa di video yang diunggah oleh sumber klaim bukan terjadi pada 2 Juni 2020 dan tidak bertempat di Ibu kota.

Seperti dilansir dari akun Instagram Turn Back Hoax menyatakan bahwa Aksi unjuk rasa di video itu terjadi pada September 2019 dan lokasi unjuk rasa adalah Palembang, Sumatera Selatan.

Video tersebut diambil di seberang Bank BCA dan Plasa Telkom Palembang, Jalan Kapten A. Rivai, Palembang.

Baca Juga: Menanti-nanti Soal Kepastian Ibadah Haji, Calhaj asal Kota Tasikmalaya Mengaku Ikhlas Meski Kecewa

Video yang sama sudah beredar pada September 2019. Di antaranya seperti video berjudul "MAHASISWA KOMPAK BERNYANYI" yang diunggah channel Youtube SINGA MAROTA IBRA pada Rabu 25 September 2019.

Seperti diketahui, pada akhir September 2019 terjadi gelombang demonstrasi mahasiswa di berbagai wilayah. Di antaranya Palembang, Makassar dan Jakarta.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Turn Back Hoax


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X