Cek Fakta: Benarkah Jokowi Berikan Pesan untuk Gibran Bahwa Jadi Pemimpin itu Tidak Perlu Pintar?

- 4 Juni 2020, 06:06 WIB
HOAKS pesan Jokowi kepada Gibran terkait jadi pemimpin tak perlu pintar.* /HCC Jawa Barat

PR TASIKMALAYA – Beredar informasi sebuah akun Facebook dengan nama Ben Kassanova atau @ben.kassanova mengunggah screenshot atau tangkapan layar dari media daring bertuliskan Togog News.

Isi tangkapan layar tersebut dengan judul berita “Gibran: Kata Bapak, Jadi Pemimpin Itu Tidak Perlu Pintar, Makanya Saya Akan Mencalonkan Diri Menjadi Walikota” pada Rabu, 3 Juni 2020.

Baca Juga: Menanti-nanti Soal Kepastian Ibadah Haji, Calhaj asal Kota Tasikmalaya Mengaku Ikhlas Meski Kecewa

Dalam unggahannya, akun Facebook Ben Kassanova menambahkan sebuah keterangan “Rajin Dan Jago Ngibul Jadi Deh Asal populasi ebong belum Punah”.

Setelah tim PikiranRakyat-Tasikmalaya.com melakukan penelusuran dari berbagai sumber, salah satunya melalui mesin pencari, unggahan akun Facebook Ben Kassanova adalah salah atau keliru.

Terdapatnya foto Putra sulung Presiden Jokowi, yakni Gibran Rakabuming Raka dalam unggahan akun Facebook Ben Kassanova adalah menjadi petunjuk dalam pencarian.

Baca Juga: Calon Haji Gagal Berangkat Diharapkan Bersabar dan Terima Putusan Pemerintah, Uu: Ini Sudah Jalannya

Seperti diperjelas dalam unggahan akun Instagram Hoax Crisis Center Jawa Barat, ditemukan foto Gibran tersebut dipakai sebagai sampul dalam pemberitaan sebuah media di Indonesia yang berjudul “Gibran: Bila Patuh Anjuran Pemerintah, Wabah Corona Segera Usai”.

Dan dengan waktu penayangannya sama seperti pada tangkapan layar akun Facebook Ben Kassanova yaitu Jumat, 24 April 2020, pukul 11.46 WIB.

Baca Juga: Puluhan Bus Teronggok di Garasi, Perusahaan Dilanda Kebingungan

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Hoax Crisis Center Jabar


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X