Cek Fakta: Metro TV Akui Anies Baswedan Sebagai Presiden RI, Simak Fakta Selengkapnya

- 2 Juni 2020, 06:30 WIB
HOAKS Metro TV akui Anies Baswedan sebagai Presiden Republik Indonesia.* //Turn Back Hoax MAFINDO

PIKIRAN RAKYAT – Baru-baru ini beredar sebuah artikel berjudul "MetroTV Akui Anies Adalah Presiden RI" yang dimuat di situs alumni212.id pada 29 Mei 2020.

Terlihat dalam artikel tersebut sebuah tangkapan layar penayangan berita dari Metro Tv berjudul “Presiden Tinjau Kesiapan Kenormalan Baru”.

Artikel yang dimuat tersebut lengkap dengan menampilkan gambar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Berdasarkan hasil penelusuran, PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari akun Instagram Turnbackhoaxid klaim bahwa stasiun televisi MetroTV mengakui Anies Baswedan adalah Presiden Republik Indonesia,

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Begini Cara Anak Muda Tasikmalaya Memaknai Lahirnya Falsafah Negara

Hal tersebut karena menampilkan gambar Anies Baswedan yang sedang diwawancarai dengan teks headline berita berjudul "Presiden Tinjau Kesiapan Kenormalan Baru" adalah klaim yang salah.

Foto itu merupakan potongan dari video berita yang teks headlinenya "PRESIDEN TINJAU KESIAPAN KENORMALAN BARU" karena memang berisi liputan tentang Presiden Joko Widodo.

Dalam liputan tersebut, Jokowi yang tengah  meninjau kesiapan kenormalan baru di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta pada 26 Mei 2020.

Baca Juga: Dishub Putuskan Angkot di Kota Tasikmalaya Bebas Denda Selama Pandemi Covid-19

Di video asli yang berdurasi 9 menit 40 detik, pada menit ke 6:23, Anies Baswedan tetap ditulis sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Turn Back Hoax


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X