Cek Fakta: Benarkah WHO Sebut Pria Berkelamin Besar Lebih Rentan Tertular Virus Corona? Ini Faktanya

- 24 Mei 2020, 18:30 WIB
Beredar sebuah link situs yang diklaim berasal dari pemberitaan asing terkenal dengan keterangan pendapat WHO tentang pria berkelamin besar akan lebih rentar terinfeksi virus corona. /Turn Back Hoax/MAFINDO

PIKIRAN RAKYAT - Beredar narasi dalam media sosial yang menyebutkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan bahwa pria dengan penis besar lebih rentan tertular virus corona Covid-19.

Narasi itu tersebar dalam akun media sosial Facebook. Salah seorang pengguna mencantumkan link berita dari sebuah pemberitaan asing yang diklaim BBC News US dengan judul artikel, "WHO: Pria berpenis besar lebih rentan tertular Covid-19".

Berdasarkan hasil penelusuran PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari situs Turn Back Hoax, ditemukan fakta yang berbeda dengan klaim narasi yang beredar dalam media sosial.

Baca Juga: Update Corona Dunia Jumat, 22 Mei 2020: Kasus Positif 5,2 Juta, Brasil Hampir Susul Rusia

Secara pasti, narasi yang dimuat dalam media BBC News US adalah narasi yang salah. Pasalnya, tautan artikel dari BBC News US bukanlah berasal dari media mainstream BBC News.

Saat mencoba membuka tautan yang dimuat dalam media sosial tersebut langsung muncul laman pembuatan berita hoaks bernama The Fake News Generator.

Bahkan, sisi kanan situs itu tertulis sebagai berikut:

Baca Juga: Persiapkan Diri, Begini Tata Cara Salat dan Khotbah Idulftri Sendiri di Rumah

"You clicked this fake news story. Now Make your own! (Anda mengklik artikel berita hoaks. Sekarang buatlah berita hoaksmu sendiri!)"

Dalam arti lain, situs tersebut akan membuat siapapun bebas merangkai judul berita hoaks sendiri, deskripsi berita, hingga foto sesuka hati. Bahkan, siapapun bisa memilih portal media besar yang dicatut namanya untuk meyakinkan orang bahwa berita hoaks tersebut merupakan berita sungguhan.

Halaman:

Editor: Suci Nurzannah Efendi

Sumber: Turn Back Hoax MAFINDO


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X