Cek Fakta: Benarkah Presiden Jokowi Berniat Pindah Warga Negara Usai Lengser Nanti? Simak Faktanya

- 24 Mei 2020, 17:08 WIB
Beredar kabar yang menyebutkan Presiden Joko Widodo berniat untuk pindah warga negara seusai lengser dari jabatannya nanti. /Facebook

PIKIRAN RAKYAT - Beredar unggahan tangkapan layar dari sebuah artikel yang mengklaim Presiden Joko Widodo siap pindah jadi warga negara Singapura saat dilengserkan nanti.

Dalam detailnya, artikel yang menampakkan foto Jokowi mengenakan kemeja putih terunggah oleh pengguna Facebook Yasser Akbar Yusuf pada Senin, 18 Mei 2020. Bahkan, akun itu juga menuliskan pendapat bernadakan ajakan untuk melengserkan kedudukan Presiden Jokowi

Narasi lengkap yang disertakan dalam unggahan itu terlihat sebagai berikut:

Baca Juga: Cek Fakta: Sekelompok Orang Diklaim Latihan Militer Pertanda Kebangkitan PKI, Simak Faktanya

Setujukah kalian guys jika pak Jokowidodo dan pak Ma'Ruf Amin itu dengan Secepatnya itu juga akan di lengser kan itu nih guys, ha? Guys. . Kalo saya sih sangat setuju nih guys bagaimana dengan dengan kalian nih guys ha? Guys.  #LengserkanJokowidodo. #LengserkanJokowidodo. #LengserkanJokowidodo. #LengserkanDanTumbangkanJokowidodo.#LengserkanDanTumbangkanJokowidodoDanMa'RufAmin,” demikian bunyi narasi yang tersebar dalam media sosial itu.

Berdasarkan penelusuran PikiranRakyat-Tasikmalaya.com, diketahui fakta yang berbeda dengan klaim narasi yang disebutkan dalam media sosial tersebut.

Secara pasti, foto asli Presiden Jokowi yang disematkan dalam artikel merupakan karya dari Biro Pers, Media, Dan Informasi (BPMI) Sekretariat Presiden/Kris. Dalam arti lain, tampilan layar dengan judul yang diunggah itu merupakan hasil suntingan belaka.

Baca Juga: Jelang Pilkada Serentak, Komisi DPRD I Tasikmalaya Segera Bahas Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati

Melansir dari situs Presiden RI, foto ini ditemukan keberadaannya dengan judul “Presiden Terima Laporan Tim Gugus Tugas Covid-19” yang diunggah pada Senin, 6 April 2020.

Sedangkan, enam foto lainnya yang diunggah bersamaan pada situs tersebut diberi keterangan sebagai berikut :

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Sumber: presidenri.go.id


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X