Cek Fakta: Benarkah Habib Umar Memalsukan Plat Nopol saat Menolak Dihentikan Polisi? Ini Faktanya

- 23 Mei 2020, 09:19 WIB
Beredar sebuah foto yang menunjukkan plat mobil palsu yang diklaim milik Habib Umar Assegaf Turn Back Hoax/MAFINDO

PIKIRAN RAKYAT - Beredar narasi dalam media sosial yang mengklaim salah satu tokoh agama di Pasuruan, Habib Umar Abdullah Assegaf menggunakan mobil bukan dengan plat nomor polisi yang sebenarnya.
 
Klaim narasi itu diunggah pengguna Facebook pada Kamis 21 Mei 2020. Ia menilai plat nomor polisi menjadi salah satu alasan Habib Umar cekcok dengan sejumlah petugas pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang videonya sontak viral beberapa waktu lalu.
 
Selain itu, pengguna ini juga mengunggah sebuah tangkapan layar yang mengklaim seharusnya plat nomor polisi N 1 B digunakan Toyota Vios berwarna silver metalik. Namun, plat nomor polisi N 1 B itu ternyata digunakan pada mobil Camry hitam.

Baca Juga: Laporkan Kematian Covid-19 Palsu, Editor Berita Myanmar Dipenjara 2 Tahun

Berikut narasi lengkap yang disebarkan akun Facebook tersebut:

"Pantesan si Umar ngamuk2, takut ketauan plat no N 1 B ditukarnya ke mobil warna hitam. Bisa kena Tilang dan pasal pemalsuan... Oalah kok berani gitu ya..." demikian bunyi narasi yang tersebar dalam media sosial tersebut.

Berdasarkan hasil penelusuran PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari situs Turn Back Hoax, terdapat bukti yang membantah klaim narasi terkait pelat nomor polisi N 1 B tersebut.

Baca Juga: Tenaga Medis yang Sempat Positif Covid-19 Kini Dinyatakan Sembuh, Bupati Turut Sambut Bahagia

Bukti itu disampaikan Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol, Trunoyudo Wisnu Andiko dengan merujuk data dari Ditlantas Polda Jatim.

Dijelaskan Trunoyudo, mobil dengan plat nomor N 1 B tersebut memang atas nama Umar Abdullah Assegaf dengan jenis sedan tipe Toyota Camry dan berwarna hitam metalik-2016.

Senada dengan pernyataan Trunoyudo, data itu juga tercantum dalam situs Informasi Layanan yang disediakan oleh Bapenda Jatim.

Baca Juga: Terkuak! Mantan Staf Big Hit Entertainment Mengungkap Sikap Asli Anggota BTS di Belakang Panggung

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Sumber: Turn Back Hoax MAFINDO


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X